MASUNI: Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) Swasta di Kota Tangerang: Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2014
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar: pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru, pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap kepuasan kerja guru, dan pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru secara simultan.
Metodologi penelitian yang digunakan adalahmetode deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program Microsof Exel 2007 dan Software SPSS 22.0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Tetap Yayasan (GTY) dan Guru Tidak Tetep (GTT) pada SMK swasta di Kota Tangerang, sampel penelitian sebanyak 238 orang guru dari delapan SMK ditentukan dengan menggunakan teknik proporsionalrandom sampling.
Hasil ujicoba instrumen yang dianalisis dengan menggunkan rumus Pearson Product Moment dan dengan metode Alpha Cronbach diperoleh sebagai berikut: Variabel Kepuasan Kerja Guru36 butir soladinyatakan valid dengan nilai reliabilitas (r) = 0,9427, variabel Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah 28 butir soal dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas (r) = 0,9136, dan variabel Motivasi Kerja Guru 43 butir soal dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas (r) = 0,9421
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga hipotesis memiliki nilai probabilitas lebih dari 0,05 sehingga pengaruh yang terjadi adalah sangat signifikan dengan kesimpulan tolak H0 dan terima H1 yang dinyatakan: (1) Terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru pada SMK swasta di Kota Tangerang dengan kelinieran persamaan regresi 𝑋 3 = 23.603+ 1.086X1koefisien korelasi (r13) sebesar 0,894, dan koefisien pengaruh p31 = 0,761; (2) Terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja guru terhadap kepuasan kerja guru pada SMK swasta di Kota Tangerang dengan kelinieran persamaan regresi 3ˆX= 34,580 +
0,638X2.koefisien korelasi (r23) sebesar 0,799, dan koefisien pengaruh p32= 0,157 kerja guru, (3) Terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru pada SMK swasta di Kota Tangerang dengan kelinieran persamaan regresi 2ˆX=.29,685+1.282X1koefisien korelasi (
r12) sebesar 0,843, dan koefisien pengaruh p21= 0,843.
Kepuasan kerja guru dipengaruhi gaya kepemimpian kepala sekolah sebesar 79,8 % dan dipengaruhi motivasi kerja guru sebesar 63,8%, serta motivasi kerja guru dipengaruhi gaya kepemmpinan kepala sekolah sebesar 70,9% merupakan keniscayaan. Sehingga diharapkan kepada para kepala SMK swasta di Kota Tangerang agar menerapkan gaya kepemimpinan yang dapat memotivasi guru dan meningkatkan kepuasan kerja kerja guru secara signifikan.
|