Chawah. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru terhadap Disiplin
Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jakarta Selatan”. Tesis. Program Studi
Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.
DR.HAMKA, Jakarta. Agustus. 2014.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah, menganalisis, dan
mengungkapkan: (1) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru n di
Madrasah Tsanawiyah Jakarta Selatan; (2) Pengaruh etos kerja guru terhadap disiplin
kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Jakarta Selatan; dan (3) Pengaruh supervisi kepala
sekolah terhadap etos kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Jakarta Selatan.
Penelitian ini dengan menggunakan metode survei kausal dengan analisis jalur (path
analysis). Populasi penelitian ini adalah semua guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jakarta
Selatan sebanyak 149 orang dari empat madrasah. Sampel penelitian ini sebanyak 109 orang
yang diambil secara random area dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik
proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data variabel disiplin kerja guru,
supervisi kepala sekolah dan etos kerja guru melalui angket berskala lima (Likert). Teknik
analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment, determinasi, regresi
sederhana dan uji analisis jalur. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah kemudian
ditafsirkan, dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat
pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di Madrasah
Tsanawiyah Jakarta Selatan dengan persamaan regresi : 3
ˆX
= 9.32 + 0.93 X1. Koefisien
korelasi (r13) = 0.876 dan koefisien jalur (.31) = 0.826. Sumbangan efektif supervisi kepala
sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar = 76.74%; 2) terdapat pengaruh langsung positif
etos kerja guru terhadap disiplin kerja guru, dengan persamaan regresi:
3
ˆX
= 53.04 +0.48 X2.
Koefisien korelasi (r23) = 0.456 dan koefisien jalur (.32) = 0.123. Sumbangan efektif etos
kerja guru terhadap disiplin kerja guru sebesar = 2079%; dan 3). terdapat pengaruh
langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Jakarta Selatan, dengan persamaan regresi : 2
ˆX
= 77.09 + 0.41 X1. Koefisien korelasi (r12)
= 0.404 dan koefisien jalur (ϸ21) = 0.404. Sumbangan efektif supervisi kepala sekolah
terhadap etos kerja guru sebesar = 16.32%.
|