Christiana Maria NR. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan
Budaya Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di
Kecamatan Pademangan Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2012
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengkaji mengenai hubungan
antara (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2)
budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru, dan (3) gaya kepemimpinan kepala
sekolah dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru
Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara gaya
kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2) terdapat hubungan
positif antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru, (3) terdapat hubungan
positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi dengan
kepuasan kerja guru
Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pademangan Jakarta Utara yang
berjumlah 231 siswa. Sampel berjumlah 139 orang siswa dengan menggunakan
teknik acak Proporsioal (Proportional Random Sampling)
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel gaya kepemimpinan
kepala sekolah, budaya organisasi dan kepuasan kerja guru dengan angket model
skala Likert. Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha
Cronbachs. Hasil uji coba untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah
sebesar r11 = 0,9037; hasil uji coba untuk variabel budaya organisasi adalah sebasar
r11 = 0,9377; dan hasil uji coba untuk variabel kepuasan kerja guru adalah sebesar r11
= 0,9483. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian
hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, ganda dan parsial, serta regresi
sederhana dan ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif dan
signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru,
dengan persamaan regresi Ŷ= 12,71 + 0,95X1 dan koefesien korelasi ry1 = 0,859;
pada taraf signifikansi α = 0,05.
Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara budaya organisasi
dengan kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi Ŷ= 29,50 + 0,83X2 dan
koefesien korelasi ry2 = 0,843; pada taraf signifikansi α = 0,05.
Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan
kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru, dengan
persamaan regresi Ŷ= 12,879 + 0,936X1 + 0,011X2 dan koefesien korelasi Ry.12 =
0,859; pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa kepuasan kerja guru (Y) dapat
ditingkatkan dengan cara meningkatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan
meningkatkan budaya organisasi (X2)
|