Abstrak  Kembali
AHMAD SALIM, Evaluasi terhadap pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum sekolah (KTSP) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 105 Jakarta Barat. Tesis. Jakarta: Program Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah, Prof. Dr. HAMKA. 2012 Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam upaya meningkatkan pengembangan kurikulum sekolah di Sekolah Menengah Negeri 105 Jakarta Barat.. Penelitian kualitatif ini dilakukan di lingkungan Sekolah Menengah Negeri 105 Jakarta Barat, melalui penelitian lapangan dengan metode pengamatan, wawancara dan evaluasi model CIPP. Population target adalah seluruh anggota organisasi Sekolah Menengah Pertama Negeri 105 Jakarta Barat dengan menggunakan teknik snow ball sampling. Dalam penelitian ini menggunakan tiga (3) pola , yaitu : 1) supervisi akademik kepala sekolah, 2) otonomi sekolah dan 3) pengembangan kurikulum sekolah. Pedoman observasi dan wawancara diujicobakan secara validitas internal untuk memperoleh reliabilitas instrumen. Pedoman observasi dan wawancara pola (variabel) adalah reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah terlalu sibuk untuk melaksanakan supervisi akademik, Keberhasilan otonomi sekolah sangat tergantung dari kesiapan sumber daya manusia sekolah, dan pengembangan kurikulum sekolah tidak memuaskan, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Pada akhirrnya penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya untuk pengembangan kurikulum sekolah di sekolah Menengah Pertama Negeri 195 Jakarta Barat