AHMAD SALIM, Evaluasi terhadap pelaksanaan supervisi akademik kepala
sekolah dalam mengembangkan kurikulum sekolah (KTSP) di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 105 Jakarta Barat. Tesis. Jakarta: Program Administrasi Pendidikan
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah, Prof. Dr. HAMKA. 2012
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik
kepala sekolah dalam upaya meningkatkan pengembangan kurikulum sekolah di
Sekolah Menengah Negeri 105 Jakarta Barat..
Penelitian kualitatif ini dilakukan di lingkungan Sekolah Menengah Negeri
105 Jakarta Barat, melalui penelitian lapangan dengan metode pengamatan,
wawancara dan evaluasi model CIPP. Population target adalah seluruh anggota
organisasi Sekolah Menengah Pertama Negeri 105 Jakarta Barat dengan
menggunakan teknik snow ball sampling. Dalam penelitian ini menggunakan tiga (3)
pola , yaitu : 1) supervisi akademik kepala sekolah, 2) otonomi sekolah dan 3)
pengembangan kurikulum sekolah.
Pedoman observasi dan wawancara diujicobakan secara validitas internal
untuk memperoleh reliabilitas instrumen. Pedoman observasi dan wawancara pola
(variabel) adalah reliabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah terlalu sibuk untuk
melaksanakan supervisi akademik, Keberhasilan otonomi sekolah sangat tergantung
dari kesiapan sumber daya manusia sekolah, dan pengembangan kurikulum sekolah
tidak memuaskan, sehingga hasil belajar siswa masih rendah.
Pada akhirrnya penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia
pendidikan khususnya untuk pengembangan kurikulum sekolah di sekolah
Menengah Pertama Negeri 195 Jakarta Barat
|