Efektivitas Sekolah pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Tesis Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammdiyah Prof. DR. Hamka, Agustus 2014.
Tesis ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah
dan Disiplin Kerja Guru terhadap Efektivitas Sekolah pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Oleh karena itu dalam penelitian dapat diajukan hipotesa di antaranya, 1. Terdapat pengaruh langsung positip kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah, 2. Terdapat pengaruh langsung positip disiplin kerja guru terhadap efektivitas sekolah dan 3. Terdapat pengaruh langsung positip kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskritif, mengumpulkan data – data dengan menggunakan instrumen berbentuk kuesioner yang telah diuji cobakan, disebarkan kepada sejumlah 104 sampel, yaitu guru – guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tersebar pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Kuesioner yang disebarkan ke sampel mengenai hal – hal yang berkaitan dengan kepemimpinan demokratis kepala sekolah, disiplin kerja guru dan efektivitas sekolah.
Penelitian ini dapat disimpulkan 1.Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan
kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur dengan koefisien pengaruh sebesar 0.3528 atau sebesar 35,28%.
2.Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan disiplin kerja guru terhadap efektivitas sekolah pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur dengan koefisien pengaruh sebesar 0,1428 atau sebesar 14,28%. 3.Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur dengan koefisien pengaruh sebesar 0,9044 atau sebesar 90,44%. Sedangkan
koefisien determinasi diperoleh 0.9183 = 91.83% yang artinya sebanyak 91.83 % variabel kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan disiplin kerja memberikan kontribusi kepada efektivitas sekolah. Temuan ini memberikan makna bahwa semakin baik kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan semakin kondusif disiplin kerja guru, maka semakin tinggi pula efektivitas sekolah pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur.
Diharapkan Kepala sekolah sebagai pihak yang paling berwenang dalam pengambilan
kebijakan seharusnya memahami terhadap aspek-aspek yang dapat mempengaruhi pelaksanaan kepemimpinan demokratis, disiplin kerja guru yang dilandasi dengan ketaatan, kerelaan dan keikhlasan yang diplementasi pada kerja sama, mengutamakan mutu kerja dan dapat mengarahkan diri sendiri dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya. Terkait dengan itu maka secara langsung setiap anggota akan dengan sukarela turut serta dalam setiap kegiatan-kegiatan perencanaan,
penyelenggaraan, pengawasan dan penilaian sehingga menjadi potensi dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
|