SRI PURWATI. Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja
Guru dengan Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III
dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara. Jakarta: Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat hubungan antara
supervisi Kepala Sekolah dan kepuasan kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah
Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara ? 2) Apakah terdapat hubungan antara
disiplin kerja guru dan kepuasan kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III
dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara ? 3) Apakah terdapat hubungan antara supervisi
Kepala Sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama dengan kepuasan kerja
guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta
Utara?
Penelitian ini menggunakan metode survey dan bersifat korelasional karena
penelitian berusaha menyelidiki hubungan antara beberapa variabel penelitian. Variabel
yang digunakan yaitu variabel supervisi Kepala Sekolah dan disiplin kerja guru sebagai
variabel independen, dan kepuasan kerja guru sebagai variabel dependen.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Guru PNS SDN Wilayah Binaan III
dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara yang berjumlah 135 orang. Jumlah sampel
penelitian ditentukan dengan rumus Slovin berjumlah 101 orang dan 30 guru sebagai
sampel ujicoba. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
proporsional random sampling.
Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket
(kuesioner). Kuesioner diukur menggunakan skala Likert dan setiap butir pernyataan
terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-kadang (KD),
Pernah (PN), Tidak Pernah (TP). Data hasil jawaban responden selanjutnya dianalisis
melalui tiga tahap yaitu deskripsi data, pengujian persyaratan analisis dan pengujian
hipotesis. Deskripsi data meliputi perhitungan statistik dasar, tabel distribusi frekuensi dan histogram. Pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas galat taksiran dan
uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi dan regresi.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan positif
antara supervisi kepala sekolah dan kepuasan kerja guru SD Negeri Wilayah Binaan III
dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi
(ry1) sebesar 0,676, koefisien determinasi (ry1
2) sebesar 0,457, persamaan regresi
Ŷ =78,833 + 0,551X1 yang artinya setiap kenaikan satu skor supervisi kepala sekolah
akan meningkatkan 0,551 skor kepuasan kerja guru ditambah dengan konstanta 78,833
dan nilai thitung (9,137) lebih besar dari ttabel (1,984) pada taraf signifikan (α) 0,05. 2)
Terdapat hubungan positif antara disiplin kerja guru dan kepuasan kerja guru SD Negeri
Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara yang ditunjukkan dengan
nilai koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,726, koefisien determinasi (ry2
2) sebesar 0,527,
persamaan regresi Ŷ = 54,699 + 0,640X2 yang artinya setiap kenaikan satu skor disiplin
kerja guru akan meningkatkan 0,640 skor kepuasan kerja guru ditambah dengan
konstanta 54,699 dan nilai t hitung (10,510) lebih besar dari ttabel (1,984) pada taraf
signifikan (α) 0,05. 3) Terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dan
disiplin kerja guru secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru SD Negeri
Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara yang ditunjukkan dengan
nilai koefisien korelasi ganda (Ry12) sebesar 0,768, koefisien determinasi (Ry12
2) sebesar
0,589, persamaan regresi ganda Ŷ = 49,838 + 0,277X1 + 0,436X2 yang artinya setiap
kenaikan satu skor supervisi kepala sekolah dengan asumsi disiplin kerja guru tetap
maka akan meningkatkan 0,277 skor kepuasan kerja guru ditambah konstanta 49,838,
sedangkan setiap kenaikan satu skor disiplin kerja guru dengan asumsi supervisi kepala
sekolah tetap maka akan meningkatkan 0,436 skor kepuasan kerja guru ditambah
konstanta 49,838. dan nilai Fhitung (70,274) lebih besar dari Ftabel (3,089) pada taraf
signifikan (α) 0,05.
|