Abstrak  Kembali
SRI PURWATI. Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru dengan Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat hubungan antara supervisi Kepala Sekolah dan kepuasan kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara ? 2) Apakah terdapat hubungan antara disiplin kerja guru dan kepuasan kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara ? 3) Apakah terdapat hubungan antara supervisi Kepala Sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara? Penelitian ini menggunakan metode survey dan bersifat korelasional karena penelitian berusaha menyelidiki hubungan antara beberapa variabel penelitian. Variabel yang digunakan yaitu variabel supervisi Kepala Sekolah dan disiplin kerja guru sebagai variabel independen, dan kepuasan kerja guru sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Guru PNS SDN Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara yang berjumlah 135 orang. Jumlah sampel penelitian ditentukan dengan rumus Slovin berjumlah 101 orang dan 30 guru sebagai sampel ujicoba. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket (kuesioner). Kuesioner diukur menggunakan skala Likert dan setiap butir pernyataan terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-kadang (KD), Pernah (PN), Tidak Pernah (TP). Data hasil jawaban responden selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu deskripsi data, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Deskripsi data meliputi perhitungan statistik dasar, tabel distribusi frekuensi dan histogram. Pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas galat taksiran dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi dan regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dan kepuasan kerja guru SD Negeri Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,676, koefisien determinasi (ry1 2) sebesar 0,457, persamaan regresi Ŷ =78,833 + 0,551X1 yang artinya setiap kenaikan satu skor supervisi kepala sekolah akan meningkatkan 0,551 skor kepuasan kerja guru ditambah dengan konstanta 78,833 dan nilai thitung (9,137) lebih besar dari ttabel (1,984) pada taraf signifikan (α) 0,05. 2) Terdapat hubungan positif antara disiplin kerja guru dan kepuasan kerja guru SD Negeri Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,726, koefisien determinasi (ry2 2) sebesar 0,527, persamaan regresi Ŷ = 54,699 + 0,640X2 yang artinya setiap kenaikan satu skor disiplin kerja guru akan meningkatkan 0,640 skor kepuasan kerja guru ditambah dengan konstanta 54,699 dan nilai t hitung (10,510) lebih besar dari ttabel (1,984) pada taraf signifikan (α) 0,05. 3) Terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru SD Negeri Wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ganda (Ry12) sebesar 0,768, koefisien determinasi (Ry12 2) sebesar 0,589, persamaan regresi ganda Ŷ = 49,838 + 0,277X1 + 0,436X2 yang artinya setiap kenaikan satu skor supervisi kepala sekolah dengan asumsi disiplin kerja guru tetap maka akan meningkatkan 0,277 skor kepuasan kerja guru ditambah konstanta 49,838, sedangkan setiap kenaikan satu skor disiplin kerja guru dengan asumsi supervisi kepala sekolah tetap maka akan meningkatkan 0,436 skor kepuasan kerja guru ditambah konstanta 49,838. dan nilai Fhitung (70,274) lebih besar dari Ftabel (3,089) pada taraf signifikan (α) 0,05.