Ratih Roosilawati, 1208036196. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim
Organisasi terhadap Motivasi Berprestasi Guru SMA Swasta di Sanggar 13 Jakarta
Timur. Tesis : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Januari 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel eksogen
yaitu supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap variabel endogen yaitu
motivasi berprestasi guru.
Di dalam penelitian ini terdapat tiga hipotesis yaitu (1) Terdapat pengaruh
langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (2)
Terdapat pengaruh langsung positif iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi
guru dan (3) Terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap
iklim organisasi sekolah.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 orang yang diambil
secara acak dengan metoda random sampling . Setelah menggunakan rumus Slovin
diperoleh sampel penelitian sebanyak 110 orang dan 30 orang sebagai uji sampel.
Analisis data menggunakan teknik regresi, korelasi dan analisis jalur untuk
mengggambarkan hubungan dan pengaruh yang terjadi diantara variabel-variabel
tersebut.
Sebelum penelitian dilakukan, instrumen masing-masing variabel diuji validitas
dan reliabilitasnya dengan menggunakan uji validitas Pearson dan uji reliabilitas
Cronbach Alpha. Instrumen variabel motivasi berprestasi guru (X3) mempunyai
koefisien reliabilitas r3 = 0.9412 , artinya mempunyai tingkat keajegan instrumen
yang sangat tinggi yaitu sebesar 94.12% , instrumen variabel supervisi kepala sekolah
(X1) mempunyai koefisien reliabilitas r1 = 0.9678 , artinya mempunyai tingkat
keajegan instrumen yang sangat tinggi yaitu sebesar 96.78% , dan instrumen iklim
organisasi (X2) mempunyai koefisien reliabilitas r2 = 0.9581, artinya mempunyai
tingkat keajegan instrumen yang sangat tinggi yaitu sebesar 95.81%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) tingkat supervisi kepala sekolah
termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 72.0%, (2) tingkat iklim organisasi termasuk
katagori tinggi yaitu sebesar 65.0%, (3) tingkat motivasi berprestasi guru termasuk
katagori tinggi sebesar 67.0%, (4) hasil uji signifikansi korelasi menunjukkan terdapat
hubungan yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan motivasi berprestasi
guru SMA Swasta di Sanggar 13 Jakarta Timur dengan t hit (9.41) > t tab (1.65) pada
taraf signifikansi α = 0.05, hal ini berarti ada hubungan yang signifikan, (5) terdapat
hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan motivasi berprestasi guru
SMA Swasta di Sanggar 13 Jakarta Timur dengan t hit (8.89) > t tab (1.65) pada taraf
signifikansi α = 0.05, hal ini berarti ada hubungan yang signifikan, (6) terdapat
hubungan yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan iklim organisasi
SMA Swasta di Sanggar 13 Jakarta Timur dengan t hit (10.78) > t tab (1.65) pada taraf
signifikansi α = 0.05, hal ini berarti ada hubungan yang signifikan. Sedangkan
berdasarkan hasil analisis jalur (7) terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala
sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 42%, (8) terdapat pengaruh
langsung positif iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 35%, dan
(9) terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap iklim
organisasi sebesar 72%
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi kepala sekolah
yang baik dan efektif serta iklim organisasi yang kondusif akan meningkatkan
motivasi berprestasi guru.
Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dalam rangka meningkatkan motivasi
berprestasi guru, kepala sekolah dan pemerintah dapat melakukannya antara lain
dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas supervisi kepala sekolah, membuat iklim
organisasi menjadi lebih sehat dan kondusif, meningkatkan insentif guru hingga
mampu menjamin kesejahteraan para guru, dan memotivasi para guru untuk terus
meningkatkan profesionalismenya. Selain itu, secara pribadi, guru juga harus mampu
mengelola dan meningkatkan motivasi berprestasinya untuk bekerja dengan sebaikbaiknya
sebagai seorang profesional.
|