Abstrak  Kembali
Siti Fathonah, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Se- Kota Pangkalpinang. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Juni 2014. Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh supervisi kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kota Pangkalpinang. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan metode penelitian lapangan melalui survai, menggunakan kuisioner melalui pendekatan analisis jalur. Populasi target adalah seluruh guru PNS di SMPN kota Pangkalpinang dengan random sampling. Dalam penelitian terdapat tiga hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: 1) supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, 2) budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru, dan 3) supervisi kepala sekolah terhadap budaya organisasi. Ujicoba instrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kepuasan kerja guru memiliki reliabilitas rii = 0,861, supervisi kepala sekolah memiliki reliabilitas rii = 0,927, dan budaya organisasi memiliki reliabilitas rii = 0,835, pada tingkat signifikansi α = 0,05. Ramalan pengaruh, dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana tunggal. Disimpulkan bahwa pada tingkat signifikansi α = 0,05 menghasilakan : (1) terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah (X1) terhadap kepuasan kerja guru (X3), memperoleh persamaan regresi 3 = 62,709 + 0,516X1, koefisien korelasi = 0,481 dan koefisien pengaruh X1 terhadap X3 0,18 > 0,05 (pada taraf signifikansi α = 0,05). (2) Terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi (X2) terhadap kepuasan kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi 3 = 30,535 + 0,792X2 koefisien korelasi = 0,754 dan koefisien pengaruh X2 terhadap X3 = 0,98 > 0,05 (pada taraf signifikansi α = 0,05). (3) terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah (X1) terhadap budaya organisasi (X2) memperoleh persamaan regresi 2 = 66,849 + 0,456X1 koefisien korelasi = 0,446 dan koefisien pengaruh X1 terhadap X2 0,45 > 0,05 (pada signifikansi α = 0,05). Pada akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk peningkatan kepuasan kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Saran sebagai rekomendasi untuk Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, agar supervisi kepala sekolah lebih ditingkatkan lagi agar dapat mengatasi kebutuhan nyata dari para guru, dapat terbentuk budaya organisasi yang positif sehingga kepuasan kerja guru dapat tercapai.