Abstrak  Kembali
Nofia Candrawati. Pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah dan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru di Gugus 04 Sekolah Menengah Atas Kota Tangerang Selatan. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2014. Penelitian ini dilaksanakan di Gugus 04 SMA Kota Tangerang Selatan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Profesionalitas Guru, seberapa besar pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru, dan seberapa besar pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Hipotesis penelitian yang diuji adalah sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh langsung Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Profesionalitas Guru, (2) terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru, (3) terdapat pengaruh langsung Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey dengan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Pengolahan data dengan teknik deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA di Gugus 04 Sekolah Menengah Atas Kota Tangerang Selatan, sebanyak 390 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Melalui proses perhitungan dengan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 154 orang guru. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel Supervisi Pengawas Sekolah, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru adalah angket model skala Likert. Sebelum penelitian, dilakukan ujicoba instrumen terhadap 40 orang guru. Kehandalan instrumen dihitung dengan metode Alpha Cronbach’s. Hasil uji coba sebagai berikut : (1) Profesionalitas Guru telah memiliki nilai reliabilitas r13 = 0,599, (2) Supervisi Pengawas Sekolah memiliki nilai reliabilitas r23 = 0,639, dan (3) Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah memiliki nilai reliabilitas r12 = 0,759. Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen dinyatakan sangat reliabel, kemudian data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Supervisi Pengawas Sekolah (X1) terhadap Profesionalitas Guru (X3) dengan persamaan regresi 3ˆX = 70,619+ 0,525X1, koefisien determinasi sebesar 35,9% dan koefisien korelasi sebesar 0,599 pada taraf  = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (X2) terhadap Profesionalitas Guru (X3) dengan persamaan regresi 3 ˆX = 58,410 + 0,534X2 , koefisien determinasi sebesar 40,8% dan koefisien korelasi sebesar 0,639 pada taraf  = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Supervisi Pengawas Sekolah (X1) terhadap Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (X2) dengan persamaan regresi 2ˆX = 45,503 + 0,796X1, koefisien determinasi sebesar 57,6% dan koefisien korelasi sebesar 0,759 pada taraf  = 0,05.