IVO NILAKRISNA, Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 dan
Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah tehadap Produktivitas Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Wilayah
Jakarta Pusat. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Agustus 2014.
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO
9001: 2008 dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap
Produktivitas Sekolah.
Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional.
Populasi target dalam penelitian ini adalah guru yang bertugas di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri bidang keahlian teknologi dan rekayasa di Wilayah Jakarta Pusat,
sebanyak 157 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner sistem manajemen mutu ISO
9001:2008, kuesioner kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kuesioner
produktivitas sekolah. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial
sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi regresi dan analisis
diagram jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh langsung
dan positif sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 (X1) terhadap produktivitas
sekolah (X3), melalui koefisien korelasi person rx1x3 = 0,456 dengan model diagram
jalur (Path Analysis) P31 = 0,17 yang sangat signifikan pada taraf alpha 0,05 (5%) uji t
didapat thitung 5,39 > ttabel 1,98, diperoleh koefisien regresi 3
ˆX
= 85,687 + 0,455 X1.
Kedua, terdapat pengaruh langsung dan positif antara kepemimpinan transformasional
kepala sekolah (X2) terhadap produktivitas sekolah (X3), melalui koefisien korelasi
person rx2x3 = 0,642 dengan model diagram jalur (Path Analysis) P32 = 0,55 yang
sangat signifikan pada taraf alpha 0,05 (5%) uji t didapat thitung 8,82 > ttabel 1,98,
diperoleh koefisien regresi 3
ˆX
= 49,682 + 0,69 X2. Ketiga, terdapat pengaruh
langsung dan positif antara sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 (X1) terhadap
kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X2), melalui koefisien korelasi person
rx1x2 = 0,523 dengan model diagram jalur (Path Analysis) P21 = 0,52 yang sangat signifikan pada taraf alpha 0,05 (5%) uji t didapat thitung 6,468 > ttabel 1,98, diperoleh
koefisien regresi 2
ˆX
= 78,17 + 0,49 X1.
Kesimpulan model analisis korelasi memiliki kecocokan dengan data, dimana
koefisien determinasi diperoleh 20,79% kontribusi variabel Sistem Manajemen Mutu
ISO 9001:2008 terhadap Produktivitas Sekolah, sedangkan sisanya 79,21% dijelaskan
oleh variabel-variabel lain di luar variabel penelitian ini, demikian juga koefisien
determinasi diperoleh 41,20% kontribusi variabel Kepemimpinan Transformasional
Kepala Sekolah terhadap Produktivitas Sekolah, sedangkan sisanya 58,80% dijelaskan
oleh variabel-variabel lain di luar variabel penelitian ini. Sedangkan dari analisis
regresi diperoleh koefisien determinasi 27,37% kontribusi variabel Sistem Manajemen
Mutu ISO 9001:2008 terhadap Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah,
sedangkan sisanya 72,63% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar variabel
penelitian ini. Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa Sistem Manajemen Mutu
ISO 9001:2008 dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dapat
meningkatkan Produktivitas Sekolah.
|