Abstrak  Kembali
IVO NILAKRISNA, Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah tehadap Produktivitas Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Wilayah Jakarta Pusat. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Agustus 2014. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Produktivitas Sekolah. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi target dalam penelitian ini adalah guru yang bertugas di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri bidang keahlian teknologi dan rekayasa di Wilayah Jakarta Pusat, sebanyak 157 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, kuesioner kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kuesioner produktivitas sekolah. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi regresi dan analisis diagram jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh langsung dan positif sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 (X1) terhadap produktivitas sekolah (X3), melalui koefisien korelasi person rx1x3 = 0,456 dengan model diagram jalur (Path Analysis) P31 = 0,17 yang sangat signifikan pada taraf alpha 0,05 (5%) uji t didapat thitung 5,39 > ttabel 1,98, diperoleh koefisien regresi 3 ˆX = 85,687 + 0,455 X1. Kedua, terdapat pengaruh langsung dan positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X2) terhadap produktivitas sekolah (X3), melalui koefisien korelasi person rx2x3 = 0,642 dengan model diagram jalur (Path Analysis) P32 = 0,55 yang sangat signifikan pada taraf alpha 0,05 (5%) uji t didapat thitung 8,82 > ttabel 1,98, diperoleh koefisien regresi 3 ˆX = 49,682 + 0,69 X2. Ketiga, terdapat pengaruh langsung dan positif antara sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 (X1) terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X2), melalui koefisien korelasi person rx1x2 = 0,523 dengan model diagram jalur (Path Analysis) P21 = 0,52 yang sangat signifikan pada taraf alpha 0,05 (5%) uji t didapat thitung 6,468 > ttabel 1,98, diperoleh koefisien regresi 2 ˆX = 78,17 + 0,49 X1. Kesimpulan model analisis korelasi memiliki kecocokan dengan data, dimana koefisien determinasi diperoleh 20,79% kontribusi variabel Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 terhadap Produktivitas Sekolah, sedangkan sisanya 79,21% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar variabel penelitian ini, demikian juga koefisien determinasi diperoleh 41,20% kontribusi variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Produktivitas Sekolah, sedangkan sisanya 58,80% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar variabel penelitian ini. Sedangkan dari analisis regresi diperoleh koefisien determinasi 27,37% kontribusi variabel Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 terhadap Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, sedangkan sisanya 72,63% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar variabel penelitian ini. Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dapat meningkatkan Produktivitas Sekolah.