DICNA ENIK KUSDWAYANTI, Pengaruh Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah
dan Ketahanmalangan Guru terhadap Motivasi Berprestasi Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Tesis. Jakarta Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA.2014.
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui, menganalisa dan menguji 1)
Pengaruh Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah terhadap Motivasi Berprestasi Guru. 2) Pengaruh Ketahanmalangan Guru terhadap Motivasi Berprestasi Guru. 3) Pengaruh Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah terhadap Ketahanmalangan Guru.
Penelitian ini menggunakan metode survey kausal dengan disain korelasional dan
analisa jalur. Disain korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan dan besarnya
pengaruh antara dua atau lebih variabel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (X1), Ketahanmalangan Guru (X2) dan
Motivasi Berprestasi Guru (X3).
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru berstatus PNS. Sedangkan populasi
terjangkau adalah guru PNS di 10 SDN Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 134 orang. Sampel penelitian sebanyak 100 orang dan 30 orang sampel ujicoba, diluar sampel penelitian diambil dari populasi.
Tahapan analisis data dalam penelitian ini meliputi deskripsi data, pengujian
persyaratan analisis dan penyajian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Hal ini berarti semakin baik Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah maka semakin baik Motivasi Berprestasi Guru. Dengan persamaan regresi x̂3 = 66,493 + 0,236 X1, koefisien korelasi ( 𝑟13 ) sebesar 0, 628, dan koefisien jalur ( p31 ) sebesar 0,398 pada ά = 0,05. 2) Terdapat pengaruh langsung positif Ketahanmalangan Guru terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Hal ini semakin baik Ketahanmalangan Guru semakin baik Motivasi Berprestasi Guru. Dengan persamaan regresi x̂3 = 97,961 + 0,060 X2, koefisien korelasi ( 𝑟23 ) sebesar 0,687 koefisien dan koefisien jalur ( p32 ) sebesar 0,506 pada ά = 0,05. 3)Terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Ketahanmalangan Guru. Hal ini berarti semakin baik Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah maka semakin baik Ketahanmalangan Guru. Dengan persamaan regresi x̂2 = 26,759 + 0,212 X1 koefisien korelasi (𝑟12) sebesar 0,454 dan koefisien jalur ( p21 ) sebesar 0,454 pada ά = 0,05.
|