Eti Dwi Koriati, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja
terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus Wilayah VIII Kecamatan
Pesanggrahan Jakarta Selatan. Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala
Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri
Gugus Wilayah VIII Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan.
Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausal
dengan populasi terdiri dari 237 guru Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Wilayah VIII
Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, dengan sampel di 149 guru di 15 Sekolah
Dasar Negeri Gugus Wilayah VIII Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, terdapat pengaruh langsung
positif Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru dapat diterima, hal
ini dapat diketahui berdasarkan hasil Uji-t dengan taraf signifikansi 5% terlihat bahwa
nilai thitung > nilai ttabel atau 3,32 > 1,645, sedangkan dari hasil perhitungan Analisa Jalur
diperoleh nilai p31 = 0,283 atau 0,283 > 0,05. Nilai ini memberikan informasi bahwa
Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap Disiplin Kerja
Guru. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Motivasi Kerja terhadap Disiplin
Kerja Guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji-t bahwa dengan taraf
signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 5,978 > 1,645, sedangkan dari hasil
perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p32 = 0,506 artinya bahwa Motivasi Kerja
berpengaruh secara signifikan terhadap Disiplin Kerja Guru. Ketiga, terdapat pengaruh
positif Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja dapat diterima, hal ini
dapat diketahui dengan Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung >
nilai ttabel atau 6,64 > 1,645, sedangkan dari hasil perhitungan analisa jalur diperoleh
nilai p21 = 0,480 atau 0,480 > 0,05 artinya bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah
berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Kerja.
Berdasarkan temuan penelitian di atas, Disiplin Kerja Guru dapat dicapai secara
optimal dengan cara meningkatkan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja.
Hal ini bahwa kedua variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor penentu yang bermakna.
|