Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan (1) interaksi antara personality learning styles siswa dan pengajaran dengan menggunakan glossary terhadap penguasaan kosa kata (2) perbedaan antara siswa yang di ajar dengan menggunakan online-based glossary dan paper-based glossary dalam penguasaan kosa kata (3) media manakah yang lebih effektif untuk siswa extroverted dalam penguasaan kosa kata mereka (4) media manakah yang lebih effektif untuk siswa introverted dalam penguasaan kosa kata mereka Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden yang diteliti adalah 50 siswa kemudian menurun menjadi 14 siswa ekstrovert dan 14 siswa introvert dari dua kelas. Data diperoleh dengan memberikan vocabulary test dan kuesioner didasarkan pada teori Myers Briggs. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan paper-based glossary dan online-based glossary pada penguasaan kosakata mereka. (2) tidak ada interaksi antara teaching glossary dan personality learning styles. (3) paper-based glossary lebih efektif bagi siswa ekstrovert dan online-based glossary lebih efektif bagi siswa introvert. Peneliti menyarankan siswa harus menyadari personality learning styles mereka penting dalam proses belajar dan pengembangan karir. Bagi guru, mereka harus memperlakukan siswa mereka dengan baik berdasarkan personality learning styles dan mengajar menggunakan glossary sebagai salah satu teknik pengajaran dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa, dan untuk peneliti lain, penelity menyarankan agar mereka dapat menyelidiki lebih lanjut tentang personality learning styles dengan jenis lain, incidental vocabulary learning, intentional vocabulary learning dan teaching glossary dengan meningkat kan jumlah sampel.