Tri Kurnia Warasanti, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim
Organisasi Sekolah Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Sekolah Menengah
Pertama Negeri Di Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. Tesis.
Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Desember 2013.
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan peran pimpinan dalam
mengembangkan iklim oganisasi sekolah menengah negeri di Kecamatan Grogol
Petamburan Jakarta Barat.
Hipotesis penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh langsung gaya
kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan pendidikan sekolah menengah negeri
di kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. (2) Terdapat pengaruh langsung
iklim organisasi sekolah terhadap kualitas pelayanan pendidikan sekolah
menengah negeri di kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. (3) Terdapat
pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim organisasi
Sekolah Menengah Negeri di kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat
Kegiatan penelitian dilaksanakan pada populasi sebanyak 141 guru di
sekolah menengah pertama negeri di kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat.
Pengambilan sampel sebanyak 30 orang guru sebagai responden uji coba dan 104
guru sebagai responden penelitian. Adapun teknik sampling menggunakan teknik
proporsional Random Sampling dengan rumus Slovin.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik
analisis jalur. Data dikumpulkan melalui instrumen berupa kuesioner / angket dari
variabel kualitas pelayanan pendidikan (X3) sebagai variabel terikat dan gaya
kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan iklim organisasi sekolah (X2) sebagai
variabel bebas. Instrumen yang digunakan untuk ketiga variabel ini adalah
kuesioner yang telah divalidasi dengan menggunakan Product Moment dari
Pearson. Analisis data menggunakan teknik statistik deskripsi dan inferensial.
Hasil dari pengujian hipotesis pada ketiga variabel pada taraf signifikan 0,05
adalah: (1) Terdapat pengaruh positif gaya kepemimpinan terhadap kualitas
pelayanan pendidikan sekolah menengah negeri di kecamatan Grogol Petamburan
Jakarta Barat sebesar 0,438 atau 19,12%. Memiliki korelaasi positif signifikan
dengan koefesien jalur ρ31 = 0,41, dengan Ŷ = 103,483 + 0,412X1 .(2) Terdapat pengaruh positif antara
iklim organisasi sekolah terhadap kualitas pelayanan pendidikan sekolah
menengah negeri di kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat sebesar 0,42
atau 17,64%. Memiliki korelaasi positiif signifikan dengan koefesien jalur ρ23 =
0,35 dengan Ŷ = 78,036 + 0,571X2 . (3) Terdapat pengaruh positif Antara gaya
kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah menengah negeri di
kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat sebesar 0,38 atau 14,44%. Memiliki
korelaasi positiif signifikan dengan koefesien jalur ρ12 = 0,38, dengan Ŷ =
102,782 + 0,269X1.
Implikasi dari penelitan ini sebagai berikut: (1) Penelitian ini pada dasarnya
merupakan usaha untuk mengungkapkan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan
iklim organisasi sekolah menurut penilaian guru sekolah menengah negeri.
Deskripsi hasil pengamatan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan
guru sekolah menengah negeri menunjukkan dapat dipengaruhi gaya
kepemimpinan kepala sekolah sebesar 19% dan sisanya oleh variabel lain. dengan
demikian kemampuan kepala sekoalh dalam menentukan gaya kepemimpinan
dapat mempengaruhi pelayanan karena kepala sekolah mempunyai dimensi
kepemimpinan yang menjadi paanduan seorang pemimpin dalam mengelola
sekolah yang dipimpinnya. Baik dalam hal kedisiplinan, tanggung jawab,
merencanakan, melaksanakan proses belajar mengajar, dan menilai kegiatan
belajar mengajar tergolong kategori sedang. Hal ini merupakan masukan bagi
pimpinan sekolah dan instansi yang berwenang agar lebih giat dalam melakukan
pembinaan para guru dalam meningkatkan kemampuannya baik dalam hal
kedisiplinan, tanggung jawab maupun dalam merencanakan, melaksanakan dan
menilai kegiatan pembelajaran, yang berarti juga akan meningkatkan disiplin
kerja guru. (2) Deskripsi data dari hasil penyebaran angket menggambarkan
bahwa sebagian besar responden menunjukkan kategori gaya kepemimpinan
kepala sekolah tergolong sedang dan penilaian guru pada iklim organisasi sekolah
juga tergolong sedang, hal ini menunjukkan bahwa pembinaan pada para guru
oleh kepala sekolah masih perlu ditingkatkan sehingga gaya kepemimpinan
kepala sekolah menjadi cermin dari iklim organisasi sekolah tersebut. (3) Kepala
sekolah perlu menyadari dan memahami tentang manajemen dengan pendekatan
yang akan diterapkan di sekolah yang dipimpinnya, sehingga para guru dapat merasakan suasana yang mendorong mereka untuk bekerja lebih bersemangat dan
termotivasi sehingga diharapkan dapat menciptakan kualitas pelayanan
pendidikan yang lebih baik.
Akhirnya diharapkan melalui kualitas pelayanan pendidikan, kepala
sekolah dapat mengembangkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan situasi
dan iklim lingkungan sekolah yang dipimpinnya sehingga dapat menciptakan
suasana kependidikan yang harmonis dan berkualitas.
|