Abstrak  Kembali
IMRAN USMAN. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri di Kecamatan Makasar Kotamadya Jakarta Timur?. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2005. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan: (1) perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika, (2) kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika, dan (3) perhatian orang tua dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika, (2) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika, dan (3) terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah selusuh siswa SMA Negeri di Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Dan sampel penelitian berjumlah 80 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel perhatian orang tua dan variabel kecerdasan emosional adalah angket model skala Likert. Keterandalan dihitung dengan rumus Alpha-Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel perhatian orang tua sebesar r = 0,917, dan variabel kecerdasan emosional sebesar r = 0,932. Sedangkan untuk variabel hasil belajar matematika adalah tes/soal berbentuk pilihan ganda. Keterandalannya dihitung dengan rumus KR-20. Hasil uji coba untuk variabel hasil belajar matematika adalah sebesar r = 0,961. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistika korelasi sederhana, parsial, regresi ganda dan jamak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara (1) perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika, dengan persamaan regresi Y? = -32,183 + 0,415.X1 dan koefisien korelasi ry1 = 0,540 pada taraf a = 0,05. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika dengan persamaan regresi Y? = -23,950 + 0,330.X2 dan koefisien korelasi ry2 = 0,441 pada taraf a = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian orang tua dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika dengan persamaan regresi Y? = -47,215 + 0,336.X1 + 0,210.X2 dan koefisien korelasi ry12 = 0,599 pada taraf a = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan kesimpulan penelitian ini. Bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan/diperbaiki dengan cara meningkatkan perhatian orang tua dan kecerdasan emosional siswa.