Abstrak  Kembali
ARTANTI. Hubungan antara Pengetahuan Kebahasaan dan Sikap Orang Tua terhadap Pola Belajar Anak dengan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis hubungan antara (1) pengetahuan kebahasaan dan hasil belajar membaca pemahaman, (2) sikap orang tua terhadap pola belajar anak dan hasil belajar membaca pemahaman, dan (3) pengetahuan kebahasaan dan sikap orang tua terhadap pola belajar anak secara bersama-sama dengan hasil belajar membaca pemahaman. Hipotesis yang kebenarannya diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara pengetahuan kebahasaan dan hasil hasil belajar membaca pemahaman, (2) terdapat hubungan positif antara sikap orang tua terhadap pola belajar anak dan hasil belajar membaca pemahaman dan (3) terdapat hubungan positif antara pengetahuan kebahasaan dan sikap orang tua terhadap pola belajar anak secara bersama-sama dengan hasil belajar membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN se-Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur yang berjumlah 345 orang. Sedangkan sampelnya berjumlah 70 orang siswa yang diambil secara undian, dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan untuk menjaring data ketiga variabel adalah tes dan metode skala Likert. Keterandalannya dihitung dengan rumus KR-20 dan Alpha-Cronbach. Hasil uji coba untuk variable hasil belajar membaca pemahaman (Y) dan pengetahuan kebahasaan (X1) dan Sikap orang tua terhadap pola belajar anak adalah sebesar rii = 0,922, rii = 0,935, dan rii = 0,836. Data dianalisis dengan statistic deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, terdapat hubungan positif pengetahuan kebahasaan dengan hasil belajar membaca pemahaman, dengan persamaanregresi Y = 4,208 + 0,664 X1, dan koefisien korelasi ry1 = 0,527, pada taraf ? = 0,05. Kedua, terdapat hubungan positif antara sikap orang tua terhadap pola belajar anak dengan hasil belajar membaca pemahaman, dengan persamaan regresi Y = -28.272 + 0,547X2 dan koefisien ry2 sebesar 0,639, pada taraf ? = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif antara pengetahuan kebahasaan dan sikap orang tua terhadap pola belajar anak secara bersama-sama dengan hasil belajar membaca pemahaman, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi ? = -26,590 + 0,445X1 + 0,446X2 dan koefisien korelasi Ry.12 = 0,720 pada taraf ? = 0,05. Hasil penelitian ini juga meyimpulkan bahwa hasil belajar membaca pemahaman (Y) dapat ditingkatkan melalui pengetahuan kebahasaan (X1) dan memperbaiki sikap orang tua terhadap pola belajar anak (X2).