NUR KHOLIFAH Pengaruh Bentuk Penilaian Formatif Dan Minat Be/ajar Terhadap Hasil Belajar flmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 287 Jakarta. Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Bentuk Penilaian Formatif dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Negeri 287 Jakarta. Hipotesis yang diuji kebenarannya adalah : (1) Kelompok siswa yang diberikan bentuk formatif pemugasan mempunyai hasil belajar IPS lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi bentuk formatif tes, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara bentuk tes formatif dengan minat belajar siswa terhadap hasil bela jar IPS, (3) Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa yang mempunyai minat belajar tinggi dan diberikan bentuk formatif penugasan dengan bentuk formatif tes, (4) Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa yang mempunyai Minat belajar tinggi dan diberikan bentuk formatif penugasan dengan bentuk formatiftes. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperirnen. Populasi target adalah 698 siswa SMP Negeri 287 Jakarta. Sampel diambil secara random (acak) sebanyak siswa dari 2 kelas yang berbeda sebanyak 88 siswa diberikan bentuk formatif penugasan yang terdiri dari 44 siswa yang memiliki minat bela jar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah, serta 44 siswa diberikan bentuk formatif tes yang terdiri dari 22 siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan 22 siswa memiliki minat belajar rendah. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa keterandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut : hasil belajar mempunyai rtt = 0,879, minat bela jar terhadap pada mata pelajaran IPS mempunyai rtt = 0,939. analisis data yang digunakan adalah analisis varians 2 jalan. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar IPS Slswa antara bentuk formatif penugasan dan bentuk formatif tes, dengan hasil Fhitung = 6,62 > Ftabel = 4,06. Kedua, terdapat interaksi antara bentuk formatif dengan rninat belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa, karena hasil hitung = 59,58 > Ftabel = 4,06. Ketiga, untuk siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa antara bentuk formatif penugasan dan bentuk formatif tes, dengan hasil Qhitung = 14,26> Qtabeh = 5,05. Keempat, untuk siswa yang mempunyai rninat belajar rendah, terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa, dengan hasil Qhitung = 8,18 > Qtabeb = 5,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri.
|