Nurhadi, Pengaruh Keinovatifan Dosen dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Statistika Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah Depok. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2013. Tesis ini bertujuan melaksanakan kajian pengaruh keinovatifan dosen dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar statistika Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah Depok. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuesioner dan pendekatannya dengan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah Depok yang berjumlah 77 mahasiswa. Menggunakan rumus Slovin didapat 65 orang mahasiswa sebagai sampel penelitian, 30 orang mahasiswa sebagai sampel uji coba di luar sampel penelitian sesungguhnya. Penelitian ini memiliki 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung positip: 1) keinovatifan dosen terhadap hasil belajar statistika 2) lingkungan belajar terhadap hasil belajar statistika, dan 3) keinovatifan dosen terhadap lingkungan belajar. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir soal instrumen hasil belajar dengan menggunakan rumus point rasional dan reliabilitas soal dengan menggunakan rumus KR20. Validitas butir pernyataan instrumen keinovatifan dosen dan instrumen lingkungan belajar dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Instrumen soal hasil belajar statistika memiliki reliabilitas rii= 0,936, keinovatifan dosen memiliki reliabilitas rii= 0,962, dan lingkungan belajar memiliki reliabilitas rii = 0,956. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan keinovatifan dosen (X1) terhadap hasil belajar statistika (X3) memperoleh persamaan regresi 3 X? = -46,149+ 0,566X1, koefisien korelasi r13= 0,791 dan koefisien pengaruh X1 terhadap X3. p31 = 0,56 pada taraf signifikansi ? = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan lingkungan belajar (X2) terhadap hasil belajar statistika (X3) memperoleh persamaan regresi 3 X? = -37,488 + 0,454 X2 koefisien korelasi r23 = 0,722, dengan koefisien pengaruh X2 terhadap X3 p32= 0,35, pada taraf signifikansi ? = 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan keinovatifan dosen (X1) terhadap lingkungan belajar. Lingkungan belajar (X2) memperoleh persamaan regresi 2 X? = 37,471 + 0,750X1, koefisien korelasi r12 = 0,660 dengan koefisien pengaruh keinovatifan dosen (X1) terhadap lingkungan belajar. Lingkungan belajar (X2) p21 = 0,66 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil uji hipotesis didapat simpulan bahwa hipotesis nol (H0), yang menyatakan tidak terdapat pengaruh langsung positip keinovatifan dosen dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar statistika ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H1), yang menyatakan terdapat pengaruh langsung positip keinovatifan dosen dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar statistika diterima. Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah Depok dapat meningkat hasil belajar statistika apabila dosen dalam melaksanakan pembelajaran memiliki keinovatifan yang tinggi dan ditunjang dengan lingkungan belajar yang kondusif. Disarankan bagi para peneliti dan pihak-pihak yang berkepentingan berkenaan dengan kemampuan manajerial untuk dilakukan penelitian lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar statistika dalam skala populasi yang lebih besar dan tidak hanya pada lokal Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah saja. Melengkapi kajian tesis ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidikan. Kajian masalah hasil belajar statistika mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah Depok sebagai berikut , 1. Peran keinovatifan dosen diperlukan secara tidak langsung dapat meningkatkan hasil belajar statistika 2. Membenahi lingkungan belajar terutama suasana kampus tempat belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah Depok
|