Abstrak  Kembali
AGUSTANTINI ISANA DEWI, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 75 Jakarta. Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2011. Penelitian merupakan sebuah kajian antara betujuan untuk menemukan kebenaran dengan meneliti dan menganalisa pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Dari beberapa identifikasi masalah yang dikaji melalui teori dan dituangkan dalam kerangka berfikir maka penelitian ini akan menguji kebenaran hipotesis sebagai berikut: 1. Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori 2. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. 3. Untuk siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, hasil belajar matematikasiswa yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori. 4. Untuk siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri lebih rendah daripada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 75 Jakarta pada semester 1 tahun pelajaran 2010 / 2011 dengan sampel 40 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Untuk pengambilan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data pada variabel kemandirian belajar dan menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan quasi eksperimen dalam penentuan kelompok yang akan diberikan perlakuan. Melalui instrumen yang telah diuji validitas dan realibilitasnya diharapkan mampu menjaring data sesuai dengan yang diharapkan dalam penelitian. Hasil Uji coba intrumen menunjukkan reliabiltas hasil belajar 0.94 Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur dan Uji Tukey Untuk membuktikan kebenaran hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil uji analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1. Hasil belajar `matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori. 2. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. 3. Pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori. 4. Pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri lebih rendah dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori. Dari hasil penelitian ini diperoleh tesis bahwa guru sebagai pelaku pendidikan dalam menerapkan strategi pembelajaran yang mampu menghasilkan pemahaman tingkat tinggi dan dapat menanamkan konsep matematika yang sangat kuat dalam diri siswa. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat, serta mampu merancang strategi pembelajaran yang mendorong siswa menggunakan pembelajaan inkuiri serta mampu membangkitkan kemandirian belajar siswa yang akan menggerakkan seluruh potensi siswa akan mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa.