Junaedi. Pengaruh Profesionalisme Guru dan Sikap Nasionalisme Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Jakarta Selatan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta: 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh profesionalisme guru dan sikap nasionalisme siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan SMK Negeri di Jakarta Selatan. pada tahun pelajaran 2012/2013 penelitian ini melibatkan 120 orang siswa kelas XI sebagai sampel penelitian. Sampel diambil secara acak dari tiga sekolah dengan proporsi masing-masing sekolah adalah 15%. Tiga sekolah tersebut adalah SMK Negeri 8, SMK Negeri 41, dan SMK Negeri 47, sekolah tersebut dipilih secara acak dari 17 SMK Negeri yang ada di Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis jalur. Data untuk hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, diambil dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Data untuk profesionalisme guru diambil dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data untuk Sikap Nasionalisme Siswa diambil dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Dari hasil pengolahan ketiga data tersebut, diperoleh koefisien reliabilitas berturut-turut 0,936 , 0,985 dan 0,984. Data hasil survei dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung positif Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan persamaan regresi = 39,977 + 0,358 dengan koefisien korelasi 0,265 dan koefisien jalur 0,109 pada = 0,05 dan = 0,01, (2) terdapat pengaruh langsung positif Sikap Nasionalisme Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan persamaan regresi = 19,785 + 0,532 dengan koefisien korelasi 0,376 dan koefisien jalur 0,323 pada = 0,05 dan = 0,01, dan (3) terdapat pengaruh langsung positif Profesionalisme Guru terhadap Sikap Nasionalisme Siswa dengan persamaan regresi = 61,002 + 0,461 dengan koefisien korelasi 0,484 dan koefisien jalur 0,484 pada = 0,05 dan = 0,01. Secara umum kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh Profesionalisme Guru dan Sikap Nasionalisme Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.
|