FITRIYANA SETYOWATI, Pengaruh Bentuk Tes Formatif Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri Sekecamatan Kebayoran Lama. Tesis, Jakarta : Program Pascasarjana, Jurusan Megister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Juni 2012. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh bentuk tes formatif dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika, kelompok siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda dan yang diberikan bentuk tes formatif yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMK Negeri 18 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 × 2, dengan jumlah sampel sebanyak 76 siswa. Untuk memperoleh data instrumen penelitian yaitu instrumen perlakuan berupa bentuk tes formatif uraian dan pilihan ganda yang dirancang oleh peneliti. Sedangkan untuk instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen gaya belajar siswa dan instrumen hasil belajar matematika. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis varians, kemudian dilanjutkan dengan uji t-dunnet pada taraf signifikan ? = 0,05 untuk melihat kelompok mana yang lebih unggul dari kelompok-kelompok yang dibandingkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang berbeda hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang diberikan bentuk tes formatif uraian dan kelompok siswa yang diberikan bentuk tes formatif pilihan ganda (Fhitung = 4,35 > 4,062 = ABSTRACT The aims of this research were to determine the effect of the formative test and learning styles on student achievement in mathematics. The gained scores were used as data for this research and analysed by analysis of variance and tukey test at level of significance ? = 0,05. The result indicated that: (1) the student achievement in mathematics using the formative test essay different significant from those using the formative test multiple choice (Fhitung = 4,35 > 4,062 = Ftabel), (2) there was a significantly between learning styles field independent and field dependent in mathematics (Fhitung = 9,67 > 4,062 = Ftabel), (3) there was interaction between the formative test and learning styles which affected the student achievement in mathematics (Fhitung =31,33 > 4,062 = Ftabel). From the result of this research it can be concluded that formative test have affected and essay test has to considered separately in teaching mathematics in an effort to enhance student echievement. iii Ftabel), (2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar field independent dan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar field dependent (Fhitung = 9,67 > 4,062 = Ftabel), (3) terdapat interaksi antara pemberian bentuk tes formatif dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika (Fhitung =31,33 > 4,062 = Ftabel). Dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa bentuk tes formatif dan gaya belajar siswa dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika.
|