Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh pendekatan pembelajaran dan kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 52 peserta didik. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitas instrumen hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) sebesar 0,950, dan kecerdasan emosional sebesar 0,923. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, perhitungan dengan menggunakan anava dua jalur diperoleh harga Fhitung lebih dari harga Ftabel. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) peserta didik, diperoleh harga Fhitung lebih dari Ftabel. (3) Pada peserta didik yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dari yang diajar dengan metode konvensional, diperoleh harga F hitung lebih dari F tabel, uji lanjut dengan menggunakan uji Dunnet diperoleh harga t hitung lebih dari t tabel (4) Pada peserta didik yang mempunyai kecerdasan emosional rendah, hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode konvensional lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan metode Contextual Teaching Learning (CTL), diperoleh harga F hitung lebih dari F tabel. uji lanjut dengan menggunakan uji t-Dunnet diperoleh harga t hitung lebih dari pada harga t tabel.
|