Abstrak  Kembali
Penelitan ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Pola Asuh Orangtua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Hipotesis yang diuji : (1) Terdapat Pengaruh langsung Pola Asuh Orangtua terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan, (2) Terdapat pengaruh langsung Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Jakarta Selatan, (3) Terdapat pengaruh langsung Pola Asuh Orangtua terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey kausal dengan tekhnik analisis jalur dengan menggunakan uji hubungan sebab akibat dengan eksploratori yaitu analisis jalur (path analysis). Populasi target adalah seluruh siswa siswa SD Negeri Kelas V se Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Sampel penelitian ini seluruhnya diambil dari populasi siswa kelas V SD yang berada di wilayah Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan dengan tekhnik Mulitstage Random Sampling dengan Jumlah sample sebanyak 67 siswa. Perhitungan validitas instrument Pola Asuh Orangtua dan Disiplin Belajar Siswa dilakukan dengan cara validitas isi (construct validity) menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson sedangkan keterandalan instrumen tes hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dihitung dengan menggunakan rumus korelasi biserial. Untuk reabilitas instrument pola asuh dan disiplin belajar digunakan validitas butir (item validity) dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dihitung secara manual dengan program Microsoft Excel sedangkan untuk reliabilitas instrument hasil belajar IPA menggunakan KR-20. Hasil uji coba menunjukkan bahwa keterhandalan instrument, (1) hasil belajar Ilmu pengetahuan Alam adalah alpha C = 0,748, (2) untuk pola asuh orangtua adalah alpha C = 0,83, (3) untuk instrument disiplin belajar siswa adalah alpha C = 0,94. Hasil penelitian ini menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 1. Terdapat pengaruh Pola Asuh Orangtua (X1) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (X3) dengan hitungan menghasilkan persamaan regresi X3 = 27,46 + 0,56 X1 , dengan melalui tahap pengujian dimana F-hitung 124,19 > dari Ftabel pada (0,01) = 7,04, dan uji signifikansi korelasi didapat t-hitung = 11,14 > dari t-tabel pada (0,01) = 2,1, dan uji statistik pengaruh menghasilkan perhitungan P.31 = 0,48 > dari 0,05. 2. Terdapat pengaruh disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (X3) dengan perhitungan menghasilkan persamaan regresi X3 = 19,60 + 0,64 X2, dengan melalui tahap pengujian dimana F-hitung 5,337 > dari F-tabel pada (0,01) = 4,04, dan uji signifikansi korelasi didapat t-hitung = 11,41 > dari t-tabel pada (0,01) = 2,10, dan uji statistic pengaruh menghasilkan perhitungan P. 32 = 0.45 > dari 0,05. 3. Terdapat pengaruh pola asuh orangtua (X1) terhadap disiplin belajar siswa (X2) dengan hitungan menghasilkan persamaan regresi X2 = 37,82 + 0,66 X1 dengan melalui tahap pengujian di mana F-hitung 83,17 > dari F-tabel pada (0,01) = 7,04, dan uji signifikansi korelasi didapat t-hitung = 9,12 > dari t-tabel pada (0,01) = 3,504, dan uji statistik pengaruh didapatkan perhitungan P21 = 075 > dari 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk bahan masukan bagi orangtua dalam mendidik anak agar dapat menggunakan pola asuh yang tepat. Selain itu sebagai bahan masukan bagi guru tentang pentingnya menanamkan kedisiplinan belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran guru harus memperhatikan pula latar belakang pola asuh siswa sehingga dapat menanamkan disipilin belajar dengan baik. Kesimpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dipengaruhi secara langsung oleh pola asuh orangtua dan disiplin belajar siswa.