Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah perbedaan hasil belajar matematika antara yang mendapat strategi pembelajaran kolaboratif dan kompetitif ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 115 Jakarta dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain 2 x 2. Populasi sebanyak 196 siswa kelas XI SMA N 115 Jakarta. Sebanyak 60 siswa dilibatkan sebagai sampel penelitian yang diambil dengan membagi dua kelompok sasaran yang terdiri dari satu kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan satu kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent.Teknik pengambilan sampel menggunakan multi stage random sampling. Dari penelitian ini dapat disimpulkan : (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang diberi strategi pembelajaran kompetitif dengan siswa yang diberi strategi pembelajaran kolaboratif, (2) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif yang dimiliki siswa, (4) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan diberi strategi pembelajaran kompetitif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent apabila diberi strategi pembelajaran kompetitif , (5) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan diberi strategi pembelajaran kompetitif lebih tinggi dari pada apabila diberi dengan strategi pembelajaran kolaboratif, (6) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan diberi strategi pembelajaran kompetitif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan diberi dengan strategi pembelajaran kompetitif, (7) Hasil belajar siswa yang memilki gaya kognitif field independent lebih rendah daripada hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent apabila diberi dengan strategi pembelajaran kolaboratif.