Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis hubungan antara kemampuan pemahaman verbal dan hasil belajar biologi, hubungan antara sikap ingin tahu siswa dan hasil belajar biologi, dan hubungan antara kemampuan pemahaman verbal dan sikap ingin tahu siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilakukan pada SMPN di wilayah kecamatan Bekasi Timur, pada semester genap tahun ajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN wilayah kecamatan Bekasi Timur yang berjumlah 2.767 siswa. Sampel penelitian sebanyak 92 orang yang diambil secara stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument kuesioner dan instrumen tes. Analisis data menggunakan statistik korelasi dan regresi dengan taraf signifikasi ? = 0,05. Hasil penelitian ditemukan sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif antara kemampuan pemahaman verbal dan hasil belajar biologi, dengan koefisien korelasi ry1 sebesar 0,9972 dengan pola persamaan regresi sederhana Y = 5,027 + 0,746 X1, (2) Terdapat hubungan positif antara sikap ingin tahu siswa dan hasil belajar biologi, dengan koefisien korelasi ry2 sebesar 0,9966 dengan pola persamaan regresi sederhana Y = -23,942 + 0,360 X2, dan (3) Terdapat hubungan positif antara kemampuan pemahaman verbal dan sikap ingin tahu siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi, dengan koefisien korelasi ganda Ry.12 sebesar 0,9979 dan dalam pola persamaan regresi ganda Y= -7,541 + 0,425 X1 + 0,156 X2. Dengan demikian, implikasi penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar biologi dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan pemahaman verbal dan sikap ingin tahu siswa.