Abstrak  Kembali
ABSTRAK R.AYAT SRI HAYATI MUHSIN. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kreatifitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Tangerang Selatan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kreatifitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI ( sebelas ) IPA SMA Negeri 4 Kota Tangerang Selatan, Semester satu tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan factorial 2 X 2. Dalam mengumpulkan data hasil belajar siswa menggunakan instrument tes dan kreatifitas belajar siswa menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara Pendekatan Pembelajaran Problem Solving dan Pendekatan Problem Posing (bFh = 48,12 > Ft ( 4,06) , (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki kreatifitas belajar tinggi dan kreatifitas belajar rendah ( Fh = 58,55 > Ft = 4,02), (3) Terdapat Interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dengan Kreatifitas Belajar siswa yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa ( Fh=8,60 > Ft = 4,06 ) pada ? =0,05, (4). Terdapat Perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang memiliki kreatifitas belajar tinggi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem solving dibandingkan dengan hasil belajar Matematika siswa memiliki kreatifitas belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing, hasil uji tukey diperoleh Q hitung = 10,08 lebih tinggi dari Q tabel = 3,77 pada taraf signifikan ? = 0,05, (5) Terdapat Perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing antara siswa memiliki kreatifitas belajar tinggi hasil belajar Matematika siswa memiliki kreatifitas belajar rendah hasil uji tukey diperoleh Q hitung = 4,74 lebih tinggi dari Q tabel = 3,77 pada taraf signifikan ? = 0,05. Dari hasi Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Problem solving berdasarkan kreatifitas belajar memberikan pengaruh yang besar dibandingkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing berdasarkan kreatifitas.