Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh pendekatan pembelajaran reciprocal terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri 28 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 28 Jakarta pada tahun pelajaran 2011/2012 dengan melibatkan 70 orang siswa kelas X sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dan Grup Embedded Figure Test (GEFT) dengan koefisien reliabilitas masing-masing 0,917 dan 0,852. Data hasil eksperimen dianalisis dengan menggunakan teknik Anova 2 jalan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran reciprocal lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional, (2) Hasil belajar matematika siswa yang mempunyai gaya belajar independen lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai gaya belajar dependen, (3) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran reciprocal lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional untuk siswa yang mempunyai gaya belajar independen, (5) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran reciprocal tidak berbeda dengan siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional untuk siswa yang mempunyai gaya belajar dependen, (6) Hasil belajar matematika siswa yang mempunyai gaya belajar independen lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai gaya belajar dependen untuk siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran reciprocal, dan (7) Hasil belajar matematika siswa yang mempunyai gaya belajar independen tidak berbeda dengan siswa yang mempunyai gaya belajar dependen untuk siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Secara umum kesimpulan penelitian adalah pendekatan pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika bergantung pada gaya belajar siswa.
|