Penelitian ini pertama-tama bertujuan untuk menelaah dan menganalisa hubungan kecerdasan emosional dan prestasi belajar seni musik. Disamping itu juga diteliti hubungan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar seni musik, serta hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar seni musik. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar seni musik, (2) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar seni musik, (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar seni musik. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Populasi target adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas di Ciawi Bogor tahun pelajaran 2010 / 2011 dengan menggunakan randam sampling. Instrumen penelitian untuk tes hasil belajar seni musik dan kuesioner motivasi berprestasi didasarkan pada validitas isi (Content Validity). Keterandalan instrument tes prestasi belajar seni musik dengan rumus Kuder Richardson (KR - 20) dan instrument kuesioner motivasi berprestasi keterandalan dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa keterandalan masing-masing instrument adalah sebagai berikut: tes prestasi belajar seni musik r11 = 0,755, motivasi berprestasi r11 = 0,91. Analisis data menggunakan rumus korelasi dan regresi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional siswa (X1) dan prestasi belajar seni musik (Y) dengan persamaan regresi ? = -3,69 + 0,11 X1 dan koefisien korelasi ry1 = 0,38 pada taraf signifikansi 0,05. Kedua, terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X2) dengan prestasi belajar seni musik (Y) dengan persamaan regresi ? = 5,56 + 0,11 X2 dan koefisien korelasi ry2 = 0,78 pada taraf signifikansi 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif antar kecerdasan emosional (X1) dan motivasi berprestasi (X2) dengan persamaan regresi ? = -8,5 + 0.033 X1 + 0.106 X2 dan koefisien korelasi ganda Ry.12 = 0,79 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi guru dalam perbaikan pelaksanaan pengajaran seni musik di SMA. dan salah satu sarana untuk menyusun kebijakan dan strategi pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan seni musik di SMA.
|