Abstrak  Kembali
Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru pada Sekolah-sekolah Menengah Atas Negeri. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Depok. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasional. Sampel dari penelitian ini sebanyak 60 guru dari SMA-SMA Negeri di Kota Depok yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menemukan: (1) terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dengan kinerja guru, (2) terdapat hubungan positif antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru, dan (3) terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru pada SMA SMA Negeri di Kota Depok. Ada temuan yang mendasar, bahwa terdapat variasi hubungan positif iklim sekolah dan motivasi kerja guru, baik secara sendiri-sendiri maupun bersamasama, dengan kinerja guru pada SMA-SMA Negeri di Kota Depok. Dengan perkataan lain, makin bagus iklim sekolah dan makin tinggi motivasi kerja guru, maka makin tinggi kinerja guru pada SMA-SMA Negeri di Kota Depok. Oleh karena itu, iklim sekolah dan motivasi kerja guru dapat meningkatkan kinerja guru pada SMA-SMA Negeri di Kota Depok.