Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menelaah hubungan antara kemampuan mengajar guru dan iklim belajar di sekolah dengan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), di Kecamatan Sawangan kota Depok. Hipotesis penelitian yang diuji adalah: (1) Terdapat hubungan positif antara kemampuan mengajar guru dengan prestasi belajar matematika siswa, (2) terdapat hubungan positif antara iklim belajar di sekolah dengan prestasi belajar matematika siswa (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan mengajar guru dan iklim belajar di sekolah secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi penelitian seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berjumlah 2110 siswa dari 6 sekolah di Kecamatan Sawangan Kota Depok. Sampel penelitian 80 orang siswa yang diambil dari satu SMA Negeri dan dua SMA swasta dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik multi stage random sampling.
|