Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar hubungan antara Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong, Tangerang. Hipotesis yang diuji adalah : (1) Terdapat hubungan positif antara Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa, (2) Terdapat hubungan positif antara Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa, (3) Terdapat hubungan positif antara Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Kreativitas Siswa secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia yang berjumlah 120, sedangkan sampel berjumlah 60 yang diambil dengan teknik random sampling. Instrument penelitian untuk variabel hasil belajar bahasa Indonesia siswa (Y) digunakan tes hasil belajar, yaitu soal ? soal bahasa Indonesia semester pertama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong. Variabel Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah ( 1 X ) dan Kreativitas Siswa ( 2 X ) digunakan angket. Butir ? butir soal tes bahasa Indonesia dan angket untuk variabel Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan dan Kreativitas Siswa terhadap Pelajaran Bahasa Indonesia sebelum digunakan sebagai instrument diujicobakan kepada 60 siswa, dengan maksud mengetahui butir soal mana saja yang valid untuk dijadikan sebagai instrument. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Pertama, terdapat hubungan positif antara Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan ( X1 ) dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa (Y) dengan persamaan regresi Y= 20,111++0.195X1 dan koefisien korelasi y1= 0,0616 yang signifikan pada taraf signifikansi a = 0,05. Kedua Terdapat hubungan positif antara Kreativitas Siswa ( X2 ) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa ( X2 ) dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa (Y) dengan persamaan regresi Y= 7,505 ++0,843.X2 dan koefisien korelasi y2 = 0,681 yang signifikan pada taraf signifikansi a= 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif antara Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan sekolah ( X1 ) dan Kreativitas Siswa ( X2 ) secara bersama sama dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Y) dengan persamaan regresi Y =7,484 ++0,031X1++ 0,824.X2 dan koefisien korelasi Ry12 = 0,987 yang signifikan pada taraf signifikansi a=0,05. Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi guru untuk memperbaiki diri dalam pengajaran bidang studi bahasa Indonesia dan dapat dijadikan suatu acuan untuk masa-masa yang akan datang, bagaimana seharusnya Perpustakaan dalam meningkatkan mutu dan kualitasnya dan menanamkan Kreativitas Siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia agar murid yang dibimbingnya dapat meraih hasil belajar bahasa Indonesia lebih baik. Adapun untuk pihak sekolah dapat mengetahui keadaan dan kondisi perpustakaan dan Kreativitas siswa di sekolah yang dipimpinnya, sehingga dapat meningkatkan mutu hasil belajar.
|