Penelitian ini sebagai alat kajian bertujuan untuk menguji dan mengungkapkan besarnya pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se wilayah VIII Kecamatan Pasarminggu Jakarta Selatan. Hipotesis penelitian dirumuskan sebagai berikut: (1) Kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran active learning mempunyai hasil belajar PAI lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran ceramah. (2)Terdapat pengaruh interaksi antara pemberian metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar PAI. (3) Kelompok siswa yang mempunyai minat belajar tinggi terhadap pelajaran PAI, maka hasil belajar siswa yang diberi metode pembelajaran active learning lebih tinggi daripada siswa yang diberi metode pembelajaran ceramah. (4) Pada kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah terhadap pelajaran PAI, maka hasil belajar siswa yang diberi metode pembelajaran active learning lebih rendah daripada siswa yang diberi metode pembelajaran ceramah. Populasi target dari penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se wilayah VIII Kecamatan Pasarminggu Jakarta Selatan 2010/2011. Teknik pengambilan sampel menggunakan multiple stage random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Hasil uji instrumen penelitian menunjukan keterandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut: hasil belajar soal pilihan ganda mempunyai rii = 0,755 dan tes minat siswa terhadap pelajaran PAI mempunyai rii = 0,728. Analisis data yang digunakan adalah analisis dua arah yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas, dimana hasilnya data tersebut normal dan homogen. Temuan penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Dari perhitungan ANAVA dua arah terlihat bahwa F hitung = 5,01 ternyata lebih besar dari F tabel = 4,11. Hal ini berarti H0 ditolak, maka H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PAI siswa kelas V SDN se wilayah VIII Kecamatan Pasarminggu Jakarta Selatan 2010/2011 yang diberi metode pembelajaran active learning dan ceramah. (2) Dari perhitungan ANAVA dua arah terlihat bahwa F hitung = 63,48 ternyata lebih besar dari F tabel = 4,11. Hal ini berarti H0 ditolak, maka H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar PAI siswa kelas V SDN se wilayah VIII Kecamatan Pasarminggu Jakarta Selatan 2010/2011 yang mempunyai minat tinggi dengan yang mempunyai minat rendah terhadap pelajaran PAI. (3) Hasil perhitungan ANAVA dua arah menunjukan bahwa nilai F hitung = 11,84 dan F tabel = 4,11. Hal ini berarti H0 ditolak, maka H1 diterima artinya terdapat interaksi yang sangat signifikan antara Metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V SDN se wilayah VIII Kecamatan Pasarminggu Jakarta Selatan 2010/2011. Karena terdapat perbedaan interaksi yang sangat signifikan antara metode pembelajaran dan minat belajar siswa, maka dilanjutkan dengan uji Tukey dengan hasil sebagai berikut: (1) Hasil uji tukey menunjukan bahwa harga Qh (A1B1- A2B1)= 4,71 lebih tinggi dengan harga Qt = 4,41, berarti H0 ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran active learning dan kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran ceramah pada siswa yang mempunyai minat tinggi terhadap pelajaran PAI. (2) Hasil uji tukey menunjukan bahwa harga Qh (A2B1- A2B2)= 4,52 lebih tinggi dengan harga Qt = 4,41, berarti H0 ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran active learning dan kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran ceramah pada siswa yang mempunyai minat rendah terhadap pelajaran PAI. Kajian penelitian dan nalar keilmuan Pendidikan disimpulkan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar PAI. Pemberian metode pembelajaran active learning sangat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar.
|