Penelitian ini tediri dari tiga variabel. yaitu dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Disiplin kerja dan persepsi supervisi merupakan v'ariabel bebas. sedangkan keefektifan pengajaran merupakan variabel terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat hubungan antara disiplin kerja dan persepsi supervisi dengan keefektifan pengajaran Bahasa Indonesia di SLTP Negeri Kota Madya Tangerang. Penelitian ini menggunakan tiga hipotesis vakni (1) terdapat hubungan positif antara disiplin kerja dengan keefektifan pengajaran bahasa Indonesia, (2) terdapat hubungan positif antara persepsi supervisi dengan keefekrifaa pengajaran bahasa Indonesia. (3) Terdapat hubungan positif antara disiplin kerja dan persepsi supervisi secara bersanna-sama dengan keefektifan pengaiaran bahasa Indonesia. Populasi penelitian ini adalah guru-guru bidang studi bahasa Indonesia pada sekolah SLTP Negeri Kota Madya Tangerang. Sampel ditentukan dengan menggunakan stratified proporsioral random sampling, dan ukuran sampel diperolch sebanyak 35 orang guru dari populasi 107 guru bidang studi bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di kola madya Tangerang pada bulan Tanuari 1999. metode penelitian yung digunakan adalah metode Survey. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Sebelum digunakan untuk pengambilan data kuesioner terlebih dahulu diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabililasnya dengan melibatkan 30 orang guru yang tersebar diberbagai sekolah. Tarap reliabilitas instrumen X1 = 0.81, X2= 0.97. ? =0.88. Hasil penelitian ini menunjukan, pertama tedapat hubungan positif antara disiplin kerja dengan keefektifan pengajaran bahasa Indonesia, yang ditandai dengan koefisien korelasi Ry1 - 0,33. koefisien determinasi Roi2 = 0.11 dan persamaan regresi linier sederhana ? = 78.48 0.37 XI. Kedua terdapat hubungan positif antara persepsi supervisi dengan keefektifan pengajaran bahasa Indonesia, yang ditandai dengan harga koefisien korelasi Ry2 = 0.58 dan koefisien determinasi Rye22 = 0,34 , persamaan regresi linier sederhana ? = 53,62 0,66 X2. Ketiga terdapat hubungan positif antara disiplin kerja dan persepsi supervisi secara bersama-sama dengan keefektifan pengajaran bahasa Indonesia, yang ditandai dengan Ry12 = 0,63 dan koefisien determinasi R2y12 = 0,39 dan persamaan regrsi ganda ? =52,90 (1140 X1 + 0.20 X2 Semua penelitian ini mengambil taraf signifikans ? = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : terdapat hubungan positif dan sangat signifkan antara disiplin kerja dan persepsi supervisi dengan keefektifan pengajaran bahasa Indonesia di SLTP Negeri Kota Madya Tangerang, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan para guru lebih disiplin dalam mematuhi peraturan sekolah dari memahami supervisi dalam keefektifan belajar mengajar. Untuk kepala sekolah hendaknya dalam memberikan supervisi supaya terprogram dan terencana supaya tidak ada persepsi yang berbeda mengenai supervisi dan para guru.
|