Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 1999/2000 dengan menggunakan metode survei. Sampel penelitian ini berjumlah 180 siswa yang diambil secara acak dari populasi penelitian, yaitu siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) di kecamatan Pasarminggu.lnstrumen yang digunakan untuk rnengukur variabel babas motivasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika dengan skaia Likert, sedangkan variabel terikat hasil belajar matematika dengan menggunakan tes. Untuk waging-masing iristrarnen sudah diuji vaiidirasnya dan dihitung reiiabiiitasnya. Analisis data dengan menggunakan deskripsi data dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua digunakan korelasi sederhana, korelasi parsial sedangkan untuk menguji hipotesis ketiga menggunakan korelasi Banda, HasiI penelitian menyimpulkan hal-hat sebagai berikut : Panama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa (X.,) dengan hasiI belajar matematika (Y) dengan persamaan regresi Y 3,84+0,094X, dan koefisien korelasi 0,27 yang signifikan pada taraf signitikansi a=0,01. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap siswa terhadap matematika (X2) der+gan hasil belajar matematika (Y) dengan, persaniaaa regresi Y-2,27+0,099X2 dan koefisien korelasi 0,292 yang signifikan pada taraf signifikansi a = 0,01. Keliga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa (XI) dan sikap siswa terhadap matematika (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika (Y) dengan persamaan regresi Y =- 0,396-F-0,053.A', +0,07X, dan koefisien korelasi (R) 0,32 yang signifikan pada taraf signifikansi a = 0,01_ Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika mempunyai korelasi yang berarti dalain pencapaian hasil belajar matematika siswa.
|