Abstrak  Kembali
Perhatian orang tua sangat diperlukan oleh peserta didik untuk menumbuhkan dan menngembangkan minat belajar pada did mereka dalam rangka meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia. Hal-hal yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam hal ini yaitu : penyediaan sarana dan prasarana yang diperlukan peserta didik untuk belajar, kerja sama yang balk antara orang tua dan pihak sekolah, penyediaan waktu untuk memberikan perhatian pada perkembangan belajar peserta didik. Pembenaran perumusan kependidikan tersebut di atas didukung oleh data kuantitatiflstatistik sebagai berikut : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan minat terhadap bahasa Indonesia siswa kelas III IPA SMUN di keeamatan Kebayoran Lama. Hipotesis yang akan diuji adalah : (1) Terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMU, (2) Terdapat hubungan positif antara minat terhadap bahasa Indonesia dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMU, (3) Terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dan minat terhadap bahasa Indonesia dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMU. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai karena penelitian ini bertujuan untuk memberilcan gambaran yang terperinci dengan tekanan pada situasi keseluruhan mengenai proses kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia di SMU. Sedangkan model rancangan yang digunakan yaitu analisis korelasional karena penelitian ini berusaha untuk melihat adanya keterkaitan antara variabel¬variabel tersebut. Populasi target dalam penelitian ini yaitu siswa SMUN sedangkan populasi terjangkau adalah siswa SMUN di kecamatan Kebayoran Lama. Yang dijadikan sampel adalah siswa kelas III IPA SMUN di kecamatan Kebayoran Lama pada cawu dua tahun pelajaran 199811999. Teknik pengambilan sampel dengan cara sampel proporsi dengan maksud untuk menyempurnakn sampel supaya representatif Instrumen penelitian tentang perhatian orang tua dan minat terhadap bahasa Indonesia didasarkan pada face validity (Validitas lahir atau validitas tampang). Sedangkan prestasi belajar bahasa Indonesia didasarkan pada validitas isi (Content validity). Keterandalan dihitung dengan nunus Alpha Cronback_ Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa keterandalan masing-masing instrumen sebagai berikut : Perhatian orang tua r~ = 0,92 dan minat terthadap bahasa Indonesia ru = 0,95 serta prestasi belajar bahasa Indonesia r~ = 0,82. Dengan demikian validitas dan reliabilitas kuesioner perhatian orang tua dan minat terhadap bahasa Indonesia terrnasuk sangat tinggi, prestasi belajar bahasa Indonesia termasuk tinggi. Analisis data yang dipakai adalah Hums korelasi dan regresi . Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua (X1) dengan prestasi belajar bahasa Indonesia (Y) dengan persamaan regresi 10,459 + 0,86 Xi dan koefisien korelasi ri 0,986 pada taraf signifikansi x -= 0,05. Kedua terdapat hubungan antara minat terhadap bahasa Indonesia (X2) dengan prestasi belajar bahasa Indonesia (Y) dengan persamaan regresi y = - 7,158 + 0,6286 X2 dan koefisien korelasi r2 = 0,98 pada taraf signifikansi x = 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua (XI) dan minat terhadap bahasa Indonesia (X2) secara bersama-sama dengan prestasi belajar bahasa Indonesia (Y) dengan persamaan regresi y = 2,399 + 0,495 Xi + 0,272 X2 dan koefisien korelasi Banda R = 0,99 pada taraf signifikansi ix = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi pendidikan dalam rangka mesning atkan prestasi belajar siswa melalui perhatian orang tua dan mint peserta didik.