Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap bahasa Indonesia dan motivasi berprestasi dengan kemampuan menulis. Hipotesis yang diajukan adalah (1) Terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis, (2) Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan kemampuan menulis, (3) Terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap bahasa Indonesia dan motivasi berprestasi dengan kemampuan menulis. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas tiga Sekolah Menengah Umum negeri dan swasta di Kotamadya Bandar Lampung. Sampel diambil dengan teknik multi stage random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan desain korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu tes menulis, kuesioner sikap siswa terhadap bahasa Indonesia, dan kuesioner motivasi berprestasi. Instru.`nen penelitian didasarkan validitas konstruk (construct validity). Keterandalan dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa keterandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut : Sikap siswa terhadap bahasa Indonesia mempunyai rtt - 0,929, motivasi berprestasi rtt = 0,964, dan kemampuan menulis mempunyai rte = 0,964. Analisis data yang dipakai untuk data yang diperoleh adalah regresi dan korelasi. Hasid penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama, terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap bahasa Indonesia. (X1) dengan kemampuan h menulis (Y), dengan persamaan regresi Y = -23,8136 + 0,4262 X1 dengan koefisien korelasi rY1 = 0,6671 pada taraf a = 0,05 dan koefisien determinasi A,` = 0,4450. Kedua, terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X2) dengan kemampuan menulis (Y), dengan A persamaan regresi Y - -10,6021 i- 0,3383 X2 dengan koefisien korelasi rye = 0,6565 pada taraf a = 0,05 dan koefisien determinasi , 2 = 0,4310. Ketiga, terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap bahasa Indonesia (X1) dan motivasi berprestasi (X2) dengan kemampuan menulis (Y) dengan persamaan A regresi Y - -31,4616 + 0,2818 X1 + 0,2153 X2 dengan koefisien korelasi Ry.12 = 0, 7540, pada taraf a = 0,05 dan koefisien determinasi R2 = 0,5685. Hasil Penelitian diharapkan berguna untuk lneningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan pengajaran bahasa Indonesia, khususnya kemampuan me
|