Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan semangat kerja guru. Di samping itu juga faktor lain yang mempengaruhi semangat kerja guru yaitu penerimaan kompensasi. Hipotesis yang akan diuji adalah : (1) terdapat hubungan positif antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan semangat kerja guru, (2) terdapat hubungan positif antara penerimaan kompensasi dengan semangat kerja guru, (3) terdapat hubungan positif antara persepsi guru terhadap kepemim¬pinan kepala sekolah dan penerimaan kompensasi dengan semangat kerja guru. Populasi target pada penelitian ini adalah guru SMU Muhammadiyah di DKI Jakarta dengan jumlah 402 orang. Sampel diambil dengan teknik area probability .sampling, kemudian dengan teknik proporsional random sampling. Sampel populasi penelitian ini adalah sebesar 15% yaitu sebanyak 60 orang. Instrumen penelitian dari variabel XI, variabel X2 dan variabel Y, validitas butir (item) diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Reliabilitasnya dihitung dengan rumus Spearman Brown. Hasil ujicoba instrumen menuniukkan hahwa reliabilitas masing-masing instrumen adalah sebagai berikut : persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah mempunyai rt1 = 0,943 , penerimaan kompensasi r11 = 0,962 , dan semangat kerja guru mempunyai r11 = 0,937. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik korelasi dengan regresi linear sederhana dan regresi multipel pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama, terdapat hubungan positif antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan semangat kerja guru (Y) dengan persaman regresi Y = 44,67 + 0,44 X1 dan koefisien korelasi ryl = 0,659 signifikan. Kedua, terdapat hubungan positif antara penerimaan kompensasi (X2) dengan semangat kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Y = 45,97 + 0,56 X2 dan koefisien korelasi ryz = 0,727 signifikan. Ketiga, terdapat hubungan positif antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan penerimaan kompensasi (X2) dengan semangat kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Y = 35,42 + 0,27 X1 + 0,41 X2 dan koefisien korelasi Ry,12 = 0,811 signifikan_ Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk peningkatan mutu pendidikan SMU Muhamrnadiyah di DKI Jakarta, dengan bermacam-macam upaya antara lain meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan peningkatan penerimaan kompensasi bagi guru. Dan diharapkan juga bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan pada umumnya.
|