Cicih Sukarsih. Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dan Penguasaan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Leuwiliang Bogor. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang hubungan kemampuan berpikir logis dan penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis karya ilmiah. Penelitian ini diadakan di SMA Negeri 1 Leuwiliang Bogor pada 47 siswa sebagai sampel yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan teknik survey korelasion. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan berpikir logis dan penguasaan kalimat efektif, serta menulis karya ilmiah siswa dalam keterampilan menulis karya ilmiah. Hipotesis yang diujikan adalah: 1). Terdapat hubungan positif kemampuan berpikir logis dengan keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Leuwiliang Bogor. 2). Terdapat hubungan positif penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Leuwiliang Bogor. 3). Terdapat hubungan positif kemampuan berpikir logis dan penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Leuwiliang Bogor. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara kemampuan berpikir logis dengan keterampilan menulis siswa. Kekuatan hubungan antara variabel X1 dan Y ditunjukkan oleh keofisien korelasi ry1 sebesar 0,053 dan koefisien determinasi sebesar (rx1y) = 0,053. Hal ini berarti 5,30% variasi nilai kemampuan menulis karya ilmiah ditentukan oleh kemampuan berpikir logis. Begitu pula ada hubungan positif antara penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis karya ilmiah siswa. Kekuatan hubungan antara variabel X2 dan Y ditunjukkan oleh koefesien korelasi ry2 sebesar 0,119 dan koefisien determinasi sebesar (rx2y) = 0,119. Selanjutnya terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir logis dan penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis karya ilmiah. Hubungan variabel bebas dengan variabel terikat ditunjukkan oleh persamaan regresi = 63,076 + 0,023X1 + 0,0,071X2 . Koefisien determinasi sebesar (RX1X2Y) 0,122. Hal ini menunjukkan 12,2% variasi yang terjadi pada keterampilan menulis karya ilmiah ditentukan secara bersama-sama oleh kemampuan berpikir logis dan penguasaan kalimat efektif. Dengan demikian untuk mengefektifkan keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Leuwiliang dalam pembelajaran menulis karya ilmiah bahasa Indonesia, guru hendaknya dapat memotivasi siswa dalam berpikir logis serta penguasaan kalimat efektif dan penggunaan model pembelajaran yang variatif.
|