Himatul Kholisoh, Pengaruh Media Pembelajaran dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 177 Jakarta Selatan,Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana, Universitas Prof. DR. HAMKA 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan penguasaan kosakata serta ada tidaknya pengaruh interaksi antara keduanya terhadap kemampuan menulis puisi. Media pembelajaran dalam penelitian ini adalah media gambar dan media alam. Sedangkan penguasaan kosa kata dibedakan atas penguasaan kosakata tinggi dan penguasaan kosa kata rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 177 Jakarta. Populasi adalah siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2012-2013 dan diambil sampel 72 siswa yaitu siswa kelas VIII 5 berjumlah 36 siswa dan siswa kelas VIII 6 berjumlah 36 siswa, untuk kedua kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen I kelas VIII 5 diajar dengan menggunakan media gambar dan kelompok eksperimen II kelas VIII 6 diajar dengan menggunakan media alam. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial 2 x 2 dan pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis variansi ( Anava) dua jalur pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian mengungkapkan: 1) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan skor kemampuan menulis puisi siswa yang diajar dengan media gambar dan kelompok siswa yang diajar dengan media alam, perhitungan dengan menggunakan ANAVA dua jalur diperoleh harga Fhitung = 2,622 dan nilai Sig (p-value) = 0,114 pada taraf signifikasi ? = 0,05. Dari temuan tersebut menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar 79,19 sedangkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media alam 76,72, 2). Terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis puisi siswa, diperoleh Fhitung = 28,854 dan Sig= 0,000 pada taraf signifikansi ? = 0,05.Dengan demikian penguasaan kosakata siswa menjadi penentu bagi kemampuan menulis puisi, 3). Tidak terdapat pengaruh interaksi antara media gambar dan alam dengan penguasaan kosakata baik tinggi maupun rendah terhadap kemampuan menulis puisi siswa diperoleh Fhitung = 1,005 dan Sig= 0,323 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Dengan demikian siswa yang memiliki kosa kata yang baik, dapat menulis puisi dengan menggunakan media gambar atau media alam maka hasilnya akan baik.
|