Sofian Hadi, Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama Berdasarkan Cerita Novel Melalui Teknik Problem Based Instruction (Penelitian Tindakan di Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Selagai Lingga Lampung). Tesis, Jakarta : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks drama berdasarkan cerita novel melalui teknik Problem Based Instruction (PBM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Selagai Lingga Lampung semester genap tahun akademik 2012/2013. Data dikumpulkan melalui beberapa cara, yaitu : observasi, tes awal, catatan kolaborator, dan tes akhir. Diawali dengan pemberian tes awal, peneliti membuat rencana tindakan untuk diimplementasikan melalui langkah-langkah dalam siklus-siklus guna meningkatkan kemampuan menulis teks drama siswa. Tes akhir merupakan alat untuk mengevaluasi tindakan selama proses pembelajaran. Instrumen dari penelitian tindakan ini adalah peneliti sendiri, kolaborator, dan tes yang diberikan. Terdapat beberapa aspek yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks drama bahasa Indonesia, yaitu isi dan tema, alur, tokoh, latar, amanat, dan ejaan. Penelitian ini berlangsung selama 9 kali pertemuan yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan materi ajar didasarkan KTSP. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Data yang dianalisis adalah data kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan menulis teks drama siswa dapat diamati melalui proses pembelajaran dan dari hasil tes. Adapun tes dilaksanakan meliputi tes awal, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Nilai rata-rata tes awal adalah 47, nilai rata-rata siklus 1 adalah 63, nilai rata siklus 2 adalah 72, sedangkan nilai rata-rata siklus 3 adalah 78. Dilihat dari nilai rata-rata tes tersebut terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks drama. Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan menulis teks drama berdasarkan cerita novel dengan teknik Problem Based Instruction (PBM) mampu memberikan hasil yang memuaskan. Hal tersebut ditunjukkan dari semakin meningkatnya kemampuan siswa dalam menulis teks drama dari setiap siklusnya. Oleh karena itu, penggunaan teknik Problem Based Instruction (PBM) disarankan digunakan untuk materi ajar menulis teks drama pada siswa SMP.
|