ABSTRAK Kamiri. Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita dengan Menggunakan Media Audiovisual Radio/TV. Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sepatan Tangerang. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2010. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita dengan menggunakan media audiovisual radio/TV. Suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sepatan Tangerang tahun ajaran 2009/2010. Data penelitian ini diambil dari VII.2 pada semester I untuk mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam pengajaran aspek menyimak berita. Subjek penelitian ini berjumlah 40 siswa. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan instrument yang berbentuk tes menyimak berita dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi berita. Tes ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita dengan menggunakan media audiovisual radio/TV. Hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak, baik segi proses maupun prestasi yang dicapai siswa bertambah baik dan benar. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menyimak berita siswa dengan menggunakan media audiovisual radio/TV telah terdapat peningkatan hasil yang lebih baik. Dari analisis dengan menggunakan SPSS ver. 15, hal ini menunjukkan juga bahwa kemampuan siswa telah meningkat secara signifikan dari hasil pretes dan postes pada semua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak berita dengan baik. Proses peningkatan ini ditandai dengan perbandingan rata ? rata nilai pretes68,78 dan rata ? rata nilai postes 77,83. Peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyimak berita dapat meningkat dan prestasi yang lebih baik dengan menggunakan media audiovisual radio/TV.
|