ABSTRAK Hubungan Pengguasaan Diksi dan Minat Membaca Dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa SMA Negeri 7 Jakarta. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammmadiyah Prof. DR. HAMKA , 2013. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang hubungan penguasaan diksi dan minat membaca dengan keterampilan menulis cerpen. Penelitian diadakan di SMA Negeri 7 Jakarta Pusat pada 47 orang siswa sebagai sampel yang dipilih secara acak.Penelitian ini menggunakan teknik survey korelasional. Instrument yang digunakan adalah kuesioner skala likert untuk mengukur penguasaan diksi dan tes pilihan ganda untuk mengukur minat membaca, serta menulis cerpen siswa dalam keterampilan menulis cerpen.Hipotesis yang diujikan adalah: (1) Terdapat hubungan positif yang sigunifikan antara penguasaan diksi dengan keterampilan menulis cerpen pada siswa SMA Negeri 7 Jakarta. (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat membaca dengan keterampilan menulis cerpen pada siswa SMA Negeri 7 Jakarta. (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan penguasaan diksi dan minat membaca dengan keterampilan menulis cerpen pada siswa SMA Negeri 7 Jakarta. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara penguasaan diksi dengan keterampilan menulis cerpen siswa. Hubungan kedua variabel ini ditunjukkan oleh persamaan regresi sederhana = 35,981 + 1,340. Kekuatan hubungan antara variabel X1 dan Y ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0,482 dan koefisien determinan r2 sebesar 0,232, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 23,2%. Hal ini berarti 23,2% variasi nilai kemampuan menulis cerpen ditentukan oleh penguasaan diksi. Begitu pula ada hubungan positif antara minat membaca dengan kemampuan menulis cerpen siswa Hubungan kedua variabel ini ditunjukkan oleh persamaan regresi sederhana = 43,992 + 0,848 X2. Kekuatan hubungan antara variabel X2 dan Y ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry2 sebesar 0,489 dan koefisien determinan ry2 sebesar 0,239, sehingga kontribusi variabel X2 terhadap Y sebesar 23,9%. Selanjutnya terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan diksi dan minat membaca dengan keterampilan menulis cerpen. Hal tersebut telah teruji berdasarkan uji linearitas dan signifikansi. Hubungan variabel bebas dengan variabel terikat ditunjukkan oleh persamaan regresi = 32,834 + 0,811 X1 + 0,540 X2. Kekuatan hubungan ditunjukkan oleh koefisien korelasi multiple ry12 sebesar 0,541 sehingga koefisien determinannya 0,293. Hal ini menunjukkan 29,3% variasi yang terjadi pada keterampilan menulis cerpen ditentukan secara bersama-sama oleh penguasaan diksi dan minat membaca.Dengan demikian untuk mengefektifkan keterampilan menulis cerpen pada siswa SMA Negeri 7 dalam pembelajaran menulis cerpen bahasa Indonesia, guru hendaknya dapat memotivasi siswa dalam penguasaan diksi dan minat membaca yang cukup akan mampu mengembangkan kreatifitas siswa dalam menulis cerpen.
|