Abstrak  Kembali
RINGKASAN Maryati, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Bahasa Terhadap Kemampuan Pemahaman Bacaan (Studi Eksperimen SMA Al Chasanah, Jakarta Barat) Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Bahasa terhadap Kemampuan Pemahaman Bacaan. Penelitian ini .dilakukan di Program Studi IPS kelas XI SMA Al Chasanah Jakarta Barat Semester I tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan Factorial 2 X 2 jumlah sampel yang akan diambil sebanyak 40 siswa dilakukan dengan teknik Probability sampling. Masing-masing sampel terpilih 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Dari 24 siswa yang memiliki kemampuan motivasi tinggi 12 siswa menempati kelompok strategi SQ3R dan 24 siswa menempati kelompok strategi DRTA. Hal ini juga berlaku juga 12 yang memilki motivasi rendah, 12 siswa menempati kelompok DRTA. Intstrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan uji pemahaman bacaan. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis varians dua jalur (Anova). Apabila didalam analisis ditemukan adanya interaksi, maka dilanjutkan dengan uji tuckey. Penelitian ini menghasilkan 4 temuan yaitu: (1) Kemampuan pemahaman bacaan siswa dengan strategi pembelajaran SQ3R lebih baik (2) kemampuan pemahaman bacaan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran SQ3R lebih baik pada kelompok siswa yang memilki motivasi tinggi. (3) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara strategi SQ3R dan motivasi belajar terhadap kemamapuan pemahaman bacaan siswa, (4) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa di SMA Al Chasanah Jakarta Barat.