ABSTRAK SITI TARIYATI. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Keterempilan Menulis Narasi (Eksperimen Pada Siswa kelas VIII di SMP negeri 7 Tangerang). Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2012. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMP Negeri 7 yang berada di wilayah Tangerang, dilaksanakan pada siswa kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2010/2011, dengan menggunakan model eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari empat kelas berbeda yang dipilih dari 8 kelas parallel. Siswa yang terpilih sebagai sampel berjumlah 60 orang siswa, kepada sampel tersebut diberi pelaksanaan pembelajaran menggunakan model belajar group investigation dan model belajar group resume. Berdasarkan hasil eksperimen disimpulkan terdapat pengaruh motivasi belajar dan model belajar terhadap keterampilan siswa dalam menulis narasi. Siswa dengan motivasi belajar tinggi dan diberi pembelajaran model group investigation mencapai ketarampilan menulis narasi tertinggi dengan rata-rata 88,60. Keterampilan menulis narasi siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diberi pembelajaran melalui model group resume yang memiliki rata-rata 63,53. Siswa dengan motivasi belajar rendah dan diberi pembelajaran model group investigation memiliki rata-rata 73,62. Rata-rata keterampilan menulis narasi siswa dengan motivasi belajar rendah diberi pembelajaran model group resume 51,40.
|