ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) korelasi antara penguasaan gaya bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis cerpen, (2) korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan keterampilan menulis cerpen, dan (3) korelasi antara penguasaan gaya bahasa Indonesia dan kemampuan bepikir kreatif secara besama-sama dengan keterampilan menulis cerpen. Peneliian ini dilaksanakan di SMA Negei 107 Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan teknik analisis korelasional. Populasi penelitian adalah semua siswa yang sedang menempuh pendidikan di kelas XII baik program IPA, maupun program IPS. Sampel penelitian berjumlah 50 orang siswa yang diambil secara acak sedehana (simple randon sampling). Peneliian ini dilaksanakan pada awal semester 5 (lima) Tahun Pelajaran 2012/2013. Data dikumpulkan melalui tes dan kuesioner yang telah divalidasi. Reliabilitas instrumen penguasaan gaya bahasa Indonesia 0,97, kemampuan bepikir kreatif 0,88, dan keterampilan menulis cerpen 0,75. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi di mana semua hipotesis diuji pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan : Petama terdapat hubungan positif antara penguasaan gaya bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis cerpen (Y). Hal ini terlihat dari koefisien korelasi determinasi 0,22 yang menunjukkan kontribusi kemampuan berpikir kreatif terhadap keterampilan menulis cerpen sebesar 22% serta persamaan regresi linear ? = 4.92 + 0.51X1. Kedua, terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir kreatif (X2) dengan keterampilan menulis cerpen (Y). Hal ini terlihat dari koefisien korelasi sebesar 0.50 dan koefisien determinasi 0,25 yang menunjukan kontribusi kemampuan berpikir kreatif terhadap keterampilan menulis cerpen sebesar 25% serta persamaan regresi linear ? = 42,75 + 1.02. Ketiga, terdapat hubungan positif antara penguasaan gaya bahasa dan kemampuan berpikir kreatif (X2) secara bersamasama dengan keterampilan menulis cerpen (Y). Hal ini terlihat dari koefisien korelasi ganda sebesar 0,66 dan koefisien determinasi 0,43 yang menunjukkan kontribusi penguasaan gaya bahasa dan kemampuan berpikir kreatif terhadap keterampilan menulis cerpen sebesar 43%, serta persamaan regresi linear ? = - 13.47 + 0.47X1 + 0.95X2. Berdasarkan hasil peneliian ini, maka dapat dilakukan peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan cara meningkatkan penguasaan gaya bahasa dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.
|