ABSTRAK MUNASIR. Pengembangan Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan dalam Latihan Pelajaran Bahasa Indonesia (Analisis Isi Buku Teks SMP Kelas IX). Tesis. Jakarta: Program Studi Magister Pendidikan bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta, 2010. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris bagaimanakah pengembangan fungsi otak kiri dan fungsi otak kanan dalam latihan buku teks bahasa Indonesia SMP Kelas IX. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi guru bahasa Indonesia, peneliti buku pelajaran bahasa Indonesia, dan Departemen Pendidikan Nasional RI. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh latihan yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia SMP Kelas IX yang berjumlah 8 buah buku. Buku-buku tersebut diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional sebagai buku sekolah elektronik (BSE) yang dapat diunduh di internet. Untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan, digunakan metode analisis isi terhadap seluruh latihan dalam buku teks bahasa Indonesia SMP Kelas IX yang menjadi sampel penelitian. Selanjutnya, latihan-latihan tersebut dikategorikan berdasarkan kategori latihan yang dominan mengembangkan fungsi otak kiri dan kategori latihan yang dominan mengembangkan fungsi otak kanan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa dari 788 butir latihan yang terdapat pada 8 buku teks bahasa Indonesia SMP Kelas IX yang menjadi data penelitian, maka butir latihan yang tergolong kategori dominan mengembangkan otak kiri sebanyak 407 butir latihan atau sebanyak 51,65%, sedangkan butir latihan yang tergolong kategori dominan mengembangkan otak kanan sebanyak 381 butir latihan atau sebanyak 48,35%. Dari hasil analisis, peneliti dapat berinterpretasi bahwa pengembangan fungsi otak kiri dan fungsi otak kanan dalam latihan buku teks bahasa Indonesia Kelas IX sudah seimbang. Meskipun masih terdapat perbedaan jumlah antara latihan yang dominan mengembangkan fungsi otak kiri dan latihan yang dominan mengembangkan fungsi otak kanan, tetapi dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.
|