ABSTRAK Tesis ini merupakan penelitian tindakan dengan fokus pada peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui teknik student teamachievement division (STAD) menggunakan media foto. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa di kelas XI TKR SMKN 1 Cibinong melalui teknik student team-achievement division (STAD) menggunakan media foto, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMKN 1 Cibinong yang berlokasi di jalan Karadenan No. 7, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Dari subjek tersebut akan diambil data proses dan data hasil untuk melihat ketercapaian tujuan penelitian dengan menggunakan instrumen: lembar observasi, angket, panduan wawancara, dan hasil karangan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I, dua kali pertemuan dan siklus II, satu kali pertemuan. Tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan tahapan per pertemuan sesuai dengan teknik STAD yang diterapkan dalam tahap tindakan siklus, yaitu pembukaan, pengembangan, belajar tim, pelaksanaan tes, penghitungan skor individu dan tim, rekognisi prestasi tim. Hasil penelitian baik dari data proses maupun dari data hasil menggambarkan adanya peningkatan yang signifikan, sebagai berikut. Pada awalnya siswa bekerja individual, tidak acuh dengan tugas dan teman bahkan suka mencemooh teman yang berani mengeluarkan pendapat. tetapi setelah ditampilkan hasil observasi penilaian proses kegiatan oleh guru, predikat dalam sertifikat kelompok, poin kemajuan, maka terjadi perubahan. Hal tersebut bila dinumerikan seperti berikut. Pada awal pertemuan (pertemuan pertama) lebih dari tujuh orang. Bila dipersenkan sekitar 30%. Saat pertemuan kedua siklus I tercatat 10%. Saat siklus II hampir 90 % sudah menunjukkan rasa tanggung jawab terhadap penguasaan materi individu maupun kelompok. mereka mulai ada yang berani mengingatkan dan sama-sama berusaha menjadi kelompok yang terbaik. Dilihat dari data hasil yang diolah dengan statistik: tabel frekuensi, diagram batang, untuk membantu mencari modus, median, dan rata-rata terlihat adanya peningkatan, seperti berikut: nilai yang sering muncul dari pretes adalah 62, sedangkan tes 1 naik satu angka yaitu 63, dan tes 2 ialah 73 untuk siklus I, dan modus siklus II ialah 83, titik tengah pretes berada pada skor 66 dan titik tengah tes 1 pada skor 67, dan tes 2 meningkat menjadi 75 untuk siklus I, dan median siklus II ialah 82, nilai rata-rata skor pretes ialah 66,96 dan nilai rata-rata skor tes 1 menjadi 68,3 dan rata-rata skor tes 2 meningkat menjadi 75,4 untuk siklus I, dan mean siklus II ialah 80,42. Penelitian tindakan perlu dilakukan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari segi proses maupun hasil secara kompleks.
|