ABSTRAK Halimah Muhamad. Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Strategi Pembelajaran Membaca SQ3R. Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pasarkemis Tangerang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 2010. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui strategi pembelajaran membaca SQ3R. Suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pasarkemis Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2009/2010. Data penelitian ini diambil dari kelas VII.3 pada semester genap untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pengajaran aspek membaca untuk memahami wacana tulis. Subjek penelitian ini berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan instrumen yang berbentuk tes pilihan ganda. Tes ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui strategi pembelajaran membaca SQ3R. Hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan kemampuan siswa dalam memahami bacaan secara literal, inferensial, evaluasi, dan apresiasi, baik segi proses maupun prestasi yang dicapai siswa bertambah baik. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan membaca siswa melalui strategi pembelajaran membaca SQ3R telah terdapat peningkatan hasil yang lebih baik. Dari analisis statistik hasil tes pilihan berganda menunjukkan juga bahwa kemampuan siswa telah meningkat secara signifikan dari hasil pretes (sebelum tindakan) dan postes (sesudah tindakan ). Berdasarkan hasil penelitian yang didapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam membaca. Proses peningkatan ini ditandai dengan perbandingan rata-rata nilai pretes 56,4286 dan rata-rata nilai postes 65.1429. Peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca dapat meningkat dan prestasi yang lebih baik melalui strategi pembelajaran membaca SQ3R.
|