ABSTRAK HAZAMIH : Hubungan Motivasi Berprestasi dan Pemahaman Bacaan dengan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen siswa kelas IX di SMP Negeri 37 Jakarta. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2009. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara (1) motivasi berprestasi dengan kemampuan mengapresiasi cerpen, (2) pemahaman bacaan dengan kemampuan mengapresiasi cerpen, dan (3) motivasi berprestasi dan pemahaman bacaan dengan kemampuan mengapresiasi cerpen. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan kemampuan mengapresiasi cerpen, (2) terdapat hubungan positif antara pemahaman bacaan dengan kemampuan mengapresiasi cerpen, dan (3) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan pemahaman bacaan dengan kemampuan mengapresiasi cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian adalah siswa kelas IX3 dan siswa kelas IX4 SMP Negeri 37 Jakarta,. Jumlah sampel penelitian sebanyak 40 orang dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling.Teknik pengambilan data untuk variabel motivasi berprestasi (X1) menggunakan kuesioner model skala Likert. Sedangkan untuk variabel pemahaman bacaan (X2) dan kemampuan mengapresiasi cerpen (Y) menggunakan tes. Analisis reliabilitas untuk variabel X1 dan X2 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dimana nilai reliabilitas untuk variabel X1 sebesar rii = 0,823 untuk variabel X2 sebesar rii = 0,842 dan untuk variabel Y sebesar 0,821Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Pengujian statistik meliputi pengujian validitas menggunakan uji korelasi product moment pearson dan pengujian reliabilitas menggunakan uji cronbach Alpha. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel memiliki nilai validitas dan reliabel. Pengujian hipotesis meliputi pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis korelasi linear sederhana, sedangkan pada hipotesis ketiga menggunakan analisis korelasi linear ganda. Uji keberartian menggunakan uji r dan uji F pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kemampuan mengapresiasi cerpen dari nilai rhitung untuk motivasi berprestasi (X1) sebesar 0,355 sedangkan nilai rtabel untuk N = 40 adalah sebesar 0,312, jadi 0,355 > 0,312 atau rhitung > rtabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. sehingga jelas bahwa hasil tersebut diatas menunjukan H0 ditolak dan Ha diterima. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman bacaandengan kemampuan mengapresiasi cerpen, dengan nilai rhitung untuk pemahaman bacaan (X2) sebesar 0.332 sedangkan nilai rtabel untuk N = 40 adalah sebesar 0.312, jadi 0.312 > 0.332 atau rhitung > rtabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. sehingga jelas bahwa hasil tersebut diatas menunjukan H0 ditolak dan Ha diterima. Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan pemahaman bacaan dengan kemampuan mengapresiasi cerpen, dengan nilai Fhitung sebesar 4.480 Sedang Ftabel ( 0,05) untuk N = 40 adalah sebesar 2.84. Jadi F hitung > dari F tabel ( 0,05) atau 4.480 > 2.84 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa motivasi berprestasi (X1), dan pemahaman bacaan (X2) secara bersama-sama memang berhubungan positif terhadap kemampuan mengapresiasikan cerpen (Y) di SMPN 37 Jakarta. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya perbaikan kemampuan mengapresiasi cerpen, mengingat hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi berprestasi dan pemahaman bacaan secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerpen.
|