ABSTRAK ARINA ISRANI. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Membaca terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII SMP N 3 Pasar Kemis, Tesis, Jakarta : Program Pascasarjana Universitas Prof. DR. HAMKA 2010. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi membaca dan ada tidaknya pengaruh interaksi antara keduanya terhadap kemampuan membaca. Strategi pembelajaran yang dieksperimenkan dalam penelitian ini adalah strategi DRA dan strategi DRTA. Sedangkan motivasi membaca dibedakan atas motivasi membaca tinggi dan motivasi membaca rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Pasar Kemis. Populasi ada siswa kelas VIII semester II tahun ajaran 2009/2010 dan diambil sampel acak 36 siswa untuk kedua kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen I diajar dengan menggunakan strategi DRA dan kelompok eksperimen II dengan menggunakan strategi DRTA. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial 2 x 2 dan pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik Analisis Variansi (Anava) pada taraf signifikansi ? = 0,05. Karena F signifikan, analisis dilanjutkan dengan uji Tukey untuk multiple comparisons pada taraf signifikansi ? = 0,05. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan membaca dan skala motivasi. Terdapat perbedaan kemampuan membaca antara kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi DRA dan kelompok siswa yang diajar dengan strategi DRTA. Siswa yang diajar dengan strategi DRA kemampuan membacanya lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi DRTA.Siswa yang diajar dengan strategi DRA peningkatan kemampuan membacanya lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi DRTA. Kemampuan membaca kelompok siswa dengan motivasi rendah yang diajar dengan strategi DRA lebih tinggi daripada kemampuan membaca kelompok siswa dengan motivasi rendah yang diajar dengan strategi DRTA, artinya siswa dengan motivasi rendah lebih tepat diajar dengan strategi DRA.Tidak terdapat perbedaan kemampuan membaca antara kelompok siswa dengan motivasi tinggi yang diajar dengan strategi DRA dan kelompok siswa dengan motivasi tinggi yang diajar dengan strategi DRTA,artinya untuk kelompok siswa dengan motivasi tinggi dalam pengajaran membaca, bahwa strategi DRA tidak memberikan pengaruh yang berbeda pada strategi DRTA. Analisis terakhir menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi membaca.Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang efektif diantara kedua strategi pembelajaran(DRA-DRTA) terhadap peningkatan kemampuan membaca yang dipengaruhi oleh motivasi membaca siswa.
|